Ocehan-ocehan saya :)

Tuesday, November 1, 2011

Tertatih-tatih menjadi penulis

Lanjut mengenai cita-cita gue menerbitkan buku. Kenapa gue ambil contoh Merry Riana di post sebelomnya padahal gue gak tau apa2 tentang dia (dan gak ada keinginan untuk mengenal dia lebih jauh apalagi beli bukunya)? Karena dia heavily exposed di Gramedia, sampe ada 2 kali bukunya... trus buku dia itu tentang wanita muda... dan bukunya pasti buku serius punya... bukan macem buku komedi tulisannya Raditya Dika atawa si Poconggg.... Merry Riana punya 1 section sendiri untuk bukunya dia, sedangkan yang lain dijejer rapih di section lain bersama dengan buku-buku yang bewarna-warni ituh.

Meski gue juga belom baca bukunya Raditya Dika atau si Poconggg, tapi gue yang rajin ngikutin tweetnya mereka taulah kira-kira isinya apa. Dan kemaren gue pas lagi blogwalking ngeliat websitenya temen mreka si Alitt yang namanya Shitlicious (namanya disturbing banget -_-) dan dia nulis ini: http://www.shitlicious.com/2011/07/kawan-lihatlah-gue-dari-nol.html

Di sana, dia jauh dari sosok Merry Riana, dia bilang blak2an kalo cetakan pertama bukunya meski sold out dengan susah payah, gak akan diterbitkan ulang, dan dia cuma dapet royalti cuma 2,7 juta rupiah. Tapi, sekarang dia udah lumayan terkenal di twitter dan dia sedang mempersiapkan buku yang baru lagi.

Keren yah? Gue gak jadi berkiblat ke Merry Riana deh, tapi gue beralih ke tulisan2 ringan seperti ini.

Ngomong2 soal royalti, emang jadi penulis itu gak boleh ngarepin bisa makan dari royalti. Hmmm... koq gue kurang setuju yah? menurut gue sah-sah aja kalo kita berharap kaya dari nulis buku. liat aja si Raditya Dika, ada yang bilang dia dapet banyak banget dari buku2nya dia, belom lagi jadi bintang iklan dan sebagainya... belom lagi buku2 yang difilmkan, dll dll... Yah penulis kan alirannya beda2, ada yang komersil, ada yang super idealis.

Tapi resenya nih kemaren gue kena sindir 1 orang di kaskus. padahal gue cuma tanya, gimana hitung2annya royalti. trus gue disuruh "ngaca dulu apakah tulisan gue sebagus itu". cuiiiiihhh...... bukannya mau ngerendahin kaskus, i love kaskus koq. tapi sometimes orang2 di dalemnya terkesan pinter or intelek tapi taunya oon juga, atau gak oon beneran.

gue juga sempet kirain nerbitin buku di indo gak susah. hmmm yang ini belom tau jawabannya sih gue... karena emang pada awalnya tulisan kita udah harus bagus dan menarik, dan harus gigih nawarin ke penerbit2. yang bikin lega sih mungkin karena jaman dulu orang suka baca fiksi model goosebumps, cerita detektif, sampe teenlit dan chicklit.... sekarang mulai beralih ke personal literature kayak cerita perjalanan, cerita calon dokter waktu lagu kerja praktek, cerita mahasiswa, anak kos, karyawati ngenes, dsb dsb... ternyata cerita gitu menghibur banget... sekarang kalo gue baca buku bahasa Indonesia yang pemeran utamanya namanya kebarat2an, rasanya udah rada males.....

gue sendiri masih mencari benang merahnya nih... mau nulis fokusnya ttg apa... smoga cepetan dapet dan bisa dikerjain, gak omdo doank!!!

xoxo

ck

0 comments: