Ocehan-ocehan saya :)

Monday, November 21, 2011

Bangsa Sepakbola

Gue gak begitu ngikutin, apalagi ngerti soal sepakbola... Tapi gue ngerti banget apa yang terjadi kemaren di Jakarta menjelang dan saat final SEA Games sepakbola Malaysia vs Indonesia. Sejak pagi hari dan bahkan hari sebelumnya, semua orang udah hebooooh aja... ganti status BBM, analisa skor di Twitter, bahkan ada beberapa teman gue yang nonton langsung di GBK. Yah bisa dimengerti lah, ini final dan lawan musuh bebuyutan yang tangguh. Rasanya semua emas yang udah didapat gak ada artinya kalau gak menang emas yang ini.

Hari itu gue gak bisa nonton karena mau ikut doa Taize di gereja. Gue dianter naik motor ke gereja, dan sepanjang jalan, orang-orang di pengkolan dan tukang rokok udah siap sedia dengan TVnya dalam berbagai ukuran. Ada yang kecil banget dan crowdnya juga kecil, ada yang gede banget sampe ada yang pake layar tancep. BTW, Taize itu doa meditatif yang hening dan gelap-gelapan. Tapi gue doanya gak bisa khusuk banget bo, salah satunya karena suara orang-orang nonton bola di luar itu kedengeran sampe di dalem.

Gue selesai Taize dan minta dijemput waktu menit ke-70, saat itu skor 1-1. Seperjalanan pulang, jalanan sepiiiiiiii banget, dan setiap ada TV, pasti muternya sepakbola dan penonton nontonnya khusuk banget... Gue cek BBM dan TL twitter, semuanyaaaa lagi bahas bola dan bilang "tegang" dan "deg-degan".

Lalu, akhirnya kalah.

Sedihnya, ada 2 suporter yang tewas karena kelalaian.

Tapi bukan Indonesia namanya kalau nggak stay positive. Untungnya, semua orang yang gue tau menerima kekalahan dengan lapang dada. Dan emang kenyataannya, kita kalah dengan terhormat sih. Pasti bakal beda ceritanya kalau kita kalah bukan dengan adu penalti. Pasti digoblok-goblokin ama orang seluruh Indonesia.

Yah apa mau dikata... Udah lewat ya udah... yang menarik adalah, untuk 1 hari, 1 Indonesia rasanya sepakat tentang 1 halm, bahwa Indonesia harus menang, dan ketika kalah, Indonesia dan tim Garuda Muda tetap membanggakan...

Maju terus!!!

0 comments: