Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, November 6, 2011

Our Sixth Sense

Indera keenam selalu identik dengan yang serem-serem. Inget film jadul "The Sixth Sense"? Satu kalimat yang gue inget dari film itu adalah "I see dead people".

Tapi sebenernya apa sih arti indera itu? Kita review dulu panca indera (lima indera) yang kita punya yuk: mata, telinga, lidah, kulit, hidung. Itu semua adalah "alat" yang ada di tubuh kita yang berfungsi untuk menerima rangsangan, dan masing-masing punya fungsinya sendiri. Mata untuk visual, untuk pemandangan. Telinga untuk audio, untuk yang ada suaranya. Lidah untuk rasa, untuk makanan yang masuk ke mulut kita, kita bisa merasakan rasa manis, asin, dll. Kulit untuk merasakan sentuhan dan rasa sakit, panas, dingin, dll... Dan hidung adalah untuk menerima rangsangan bau.

Kita semua selain punya lima indera itu juga punya indera keenam loh! Indera keenam bukanlah "gift" untuk bisa ngeliat setan atau ngeliat masa depan yang bisa memberi kita gelar "orang pinter", tapi sebenernya indera keenam itu adalah hati (jantung) kita.

Bedanya, "rangsangan" yang diterima oleh indera keenam kita itu harus melewati kelima indera utama kita. Rangsangan yang diterima oleh hati adalah "sentuhan", tetapi beda dengan sentuhan yang diterima pake kulit.

Contoh? Melalui indera penglihatan kita, kalau kita melihat orang yang kita gebet, hati kita bisa berdebar-debar sendiri. Melalui indera pendengaran kita, kalau kita denger maki-makian orang, hati kita bisa panas dan marah, dlsb.

Bedanya hati kita dengan panca indera yang lain itu apa? Bedanya, kita gak bisa kontrol hati kita. Kalau kelima panca indera yang lain, bisa banget. Contoh lagi, kalau kita gak mau liat adegan bunuh-bunuhan di TV, ya ganti aja channelnya atau tutup mata. Kalau gak suka sama gosipan satu orang, ya ga usah deket-deket orang itu ato sumbat kuping kita. Tapi kalo hati kita? Gak bisa.

Kalo kita udah ngeliat satu orang dan kita suka, kita gak bisa meng-cancel perasaan itu. Kalo kita udah makan kue coklat yang super enak dan rasanya pengen terbang ke awan, gak mungkin kita bisa saat itu juga "no, gue gak mau terbang ke awan, gue akan stop makan kue ini." ya, mungkin lidah loe udah gak merasakannya, tapi rasa ingin terbangnya pasti masih ada di hati.

Lalu bagaimana kita memelihara indera keenam kita supaya tetap sehat senantiasa? Jaga baik-baiklah panca indera kita. Kalau udah tau orangnya nyebelin dan ngomongnya gak enak, jauhin lah daripada sakit hati. Kalau udah mulai timbul perasaan suka sama satu orang tapi ngerasa gak bisa lanjutin, tinggalin aja daripada hati jadi korbannya.

Sekian pelajaran biologi hari ini. Semoga mendapat sesuatu.

0 comments: