Ocehan-ocehan saya :)

Thursday, March 5, 2009

Notting Hill - My 2 cents about LOVE


Setelah terlambat beberapa tahun (10 tahun, googled), akhirnya kemaren gue nonton Notting Hill juga, pinjem DVD roommie gue. Gue sendiri juga bingung berat, kenapa gue bisa ga nonton ni film? "When You Say Nothing at All" is my most favorite song EVER! (it's official now) Mau di karaoke, di manapun, bahkan kalau iPod gw randomly muter lagu ini, setiap kali gue denger intronya yang pake gitar itu, gue langsung bergidik dan ngomong 'aaaawww' baik itu bener-bener diomongin maupun dalem ati doank. Alasan lain yang bikin gue bingung adalah, gue pecinta berat Hugh Grant dan I always liked Julia Roberts' (and Sandra Bullock's) movies. Ya gitu deh... Chick flick... Cerita Cinderella postmodern yang bikin Cindy ABG nangis dan aaaaaawww dan selalu bilang 'I wish my love story was like that...'

Tapi setelah gue jadi skeptical dan rada 'sebel' sama yang namanya LOVE (don't ask), gue jadi yang 'huh?' kalo liat plot cerita kayak gini... MANA MUNGKIN, artis paling terkenal di dunia tiba2 dateng ke tempat kerja loe yang notabene adalah sebuah toko buku jelek?? Gitu deh... coincidence-nya terlalu fake. But still, adegan-adegannya bikin gue bisa tahan napas beberapa detik, di film ini terutama waktu mereka ciuman di ruang tamu waktu si Anna nginep. Endingnya? Bwek... happily ever after (kids, don't ever believe this). Bahkan setelah William ditipu dipermainkan dijebak diperangkap (kayak lagunya HELLO BAND Ular Berbisa neh) sebanyak 3x oleh si Anna. Ohya kids, jangan percaya juga sama LOVE AT FIRST SIGHT. Pokoknya kalo bisa jangan percaya deh sama yang namanya 'love will keep us alive', 'love is more powerful than anything in this world', 'love is beautiful' dan kata2 berlapis gula lainnya.

Gue jadi kebelet kaga tahan mau ngomong tentang L-O-V-E ini. TRUST ME! Love itu adalah produk Postmodern Era, sama seperti CHRISTMAS and VALENTINE'S DAY. Memang 3 hal yang gue sebutin ini adalah hal yang indah dan sakral... Tapi lihat apa yang terjadi sekarang: di hari Natal, orang tuker kado, shopping, party sampe mabok... Valentine's Day, mau difatwain haram sama MUI, jadi ajang promosi besar-besaran coklat-coklat murahan, padahal... tau ga sejarahnya V-day? Someone died on that day. Kalo LOVE, ga tau mau mulai dan berakhir di mana... apa sih yang ga bertema LOVE belakangan ini?? You name it deh...

Love menurut kamus gue, please refer to love in 18th Century CE. Love yang ada di abad 21, buat hiburan aja yang gue nikmati dalam bentuk film, lagu dan puisi gombal.

0 comments: