Ocehan-ocehan saya :)

Tuesday, March 10, 2009

Jadi Penulis? - Part II

Ga menyangka postingan blog gue yang sebelum ini yang gue upload juga di Facebook ternyata banyak yang baca dan comment. Yang kasih komen mendukung (so far baru yang bagus2 aja, yang mencela2 dipilih untuk dipendam ato dibicarakan pada gue melalui MSN) ternyata bukan cuma orang-orang yang gue tag, tetapi juga orang2 yang gue ga sangka, misalnya Mas Santo from KBRI Beijing, Evelyn my relative, Ci Nelly, my sister's friend, etc etc etc... Dan gara-gara ini gue jadi disuruh sama si Gandhi, bpk pendiri dan ketua PERMIT, untuk publish buku tentang kehidupan pelajar Indo di China. Well, gue merasa tersanjung dapet dukungan seperti itu dari dia. Dia pasti ngga baca tulisan gue di blog ini juga yang berjudul 'Jadi Penulis?'. Kalau dia baca pasti sejak saat itu gue udah didorong2 untuk nulis.

Well. Mau sich mau-mau aja. Cuma seriously. Ada gitu yang mau baca??? Gue langsung teringat sama Amelia Masniari penulis buku Miss Jinjing yang menerbitkan bukunya berdasarkan pengalaman-pengalaman pribadi yang ditulis di blognya. Tapi pengalaman dia kan menarik dan glamorous dan unik?? Jarang ada yang bisa kayak dia. Sedangkan orang yang seperti gue di Beijing aja ada 1000 orang lebih. Masa ada yang mau baca keseharian gue sebagai mahasiswa di Beijing... Baca bagaimana gue sarapan pagi kopi dan roti secara buru2, kelas yang susah dan agak ga ngerti, makan siang di kantin yang ramai, tidur siang, ke pasar beli buah, makan malam dan akhirnya santai2 di kamar sampai malem dan waktunya tidur. Duh gue aja bosen. Tapi apakah ini sesuatu yang gue take for granted dan sebenernya menarik buat orang? Kayaknya ngga deh.. Nobody cares if I have Jianbing for lunch and Luroufan for dinner... Tapi Gandhi insists kalo gue bisa jadi jutawan...

Ga tau deh gelap.. I just keep writing about my life here and in Facebook. Ada yang mau baca dan komen aja gue udah seneng banget.

Thanks buat orang-orang berikut yang (possibly) baca dan kasih komen di notes FB gw:

1. Yoko Hartono - fotografernya TCR, also a nice friend to chat with :)

2. Agustina Prasetya Laksanawati - a friend in need, a friend indeed

3. Marina Yukin - pekerja serabutan di TCR... huehue... I love her...!!!

4. Vicky Stevanie - adik kecil di CUC, Int Journalism, Guojiao, TCR...

5. Ricko Tjong - teman shopping, desainer TCR.

6. Cannitalia Susanto - cece-nya semua orang. Tempat buat ngoceh2 kalo ada yang ga puas sama sekolah atau asrama. huehuehue.. also my senior in TCR.

7. Lea Angelina Chen - highschool friend. orangnya antik, tapi gue yakin IQnya super, enak banget diajak diskusi. Sepertinya dia suka hal-hal yang bizarre yang bisa gue terima dan gue suka juga. Hehe...

8. Pierre Baskoro - temen menggila sungguhan. Temen buat maki2 orang yang menyebalkan dengan kata2 yang paling jahat tapi lucu dan ga merasa bersalah. Tapi bisa juga untuk diskusi Chinese Literature. Jangan lupa janji kita untuk ambil HSK advanced tahun ini!!!

9. Mark Swapo - highschool friend. Hobi nulis juga sepertinya. Orangnya ramah banget baek pula.. sayang waktu balik Indo ga sempet karoke bareng.

10. Novia Retno Kumalasari - ibu Editor-in-chief-nya TCR. Orangnya baik dan lucu banget. Komennya dia singkat jelas dan padat: 'Sirik tanda tak mampu'. My favorite comment!

11. Gandhi Priambodho - Bpk ketua PERMIT. My boss. Seperti yang udah disebutkan di atas, mendorong gue untuk jadi penulis komersil. Bahkan menawarkan banyak buku-buku buat gue baca. Cuma sorry banget gue orgnya emang ga gitu suka baca apalagi yang berat2 macem biografinya Hillary.

12. Merlyn Wongso - highschool friend, now in England. Gue kasihan mendengar cerita-cerita dia hidup di Inggris, sekaligus merasa iri. Kepengen deh ketemu dia trus ngobrol2 secara LIVE.

13. Adi Wardoyo - ex-EICnya dan layouter TCR, now fotografer TCR. My mentor. Foto dia keren-keren banget loh. Highly recommended!

14. Leonard Wilsen - temen di PERMIT. Suka gejeh-gejehan sama gue. Tapi ni anak ternyata ngikutin juga perkembangan dunia dan ngerti soal politik. Gitu-gitu ternyata............ hehe

15. Christy Tifanny Atmadja - temen 1 dorm, temen PD, temen menggila juga.

16. Evelyn Huang - Sodara gue yang asli pinter banget orangnya. Cantik pula. Ramah pula. I grew up with her.

17. Santo Darmosumarto - Sekretaris KBRI Beijing. Gue enjoy banget liat foto-fotonya di FB. Dia ini udah keliling China dan dunia. Literally. Xianmu!!!

18. Nelle Nell - My sis' friend. My sis and she shared an apt in Melb. She was the only person who ever gave me an xmas present. Hehe...

Whewww.. ternyata ada 18 orang yah! Rekor nich... Thanks buat semuanya ya!

PS: Thanks juga buat yang ga comment tapi udah 'like' my note: Hadi, Cencen, Michelle :) Sumpah gue merasa tersanjung ada yang baca dan komen dan suka. Seneng juga ada yang menyerang gue dan berusaha sekuat tenaga untuk prove me wrong tapi sayangnya ga berhasil :)

3 comments:

Anonymous said...

ah cindy, gw terharu :')

Anonymous said...

cindy... u're too nice... :) btw, i do second gandhi's opinion, regarding nulis buku... i will be more than happy to help in any way you'd like... memang betul, sampe sekarang masih minim pengetahuan kita tentang cina... selama ini, yg ada cuman dari sisi akademis, pemerintah, dan media... kadang2 kurang personal... nah, kalo dari sisi pelajar, pasti akan punya warna tersendiri yang membuatnya menarik... :D

- SANTO, Jakarta

Unknown said...

heheh gue bca juga nih akhirnya blog loe.heheh

Giling bagus bgt tulisan loe, udah beneran loe buat novel lah cerita ttg kehiduan pelajar indo di beijing, ntr gue yg jadi manager loe deh heheh(teteup otak bisnis ya)