Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, January 23, 2011

Belajar mengasihi

Gue sering berpikir, apa sich bedanya kepo dan care. Karena ini bukan science, jadi ga ada jawaban eksaknya. Tapi hari ini, gue semakin mengerti perbedaannya.

Kalo dikasih pertanyaan kayak gitu, pasti orang jawabnya: "ya itu tergantung perhatian macam apa yang dikasih." Gue ga setuju. Kemungkinan besar yang menentukan itu orang yang dikasih perhatian, dia ngerasanya dia lagi diperhatiin ato dikepoin.

Bisa juga kesalahan ada di kedua belah pihak. Kesalahan di pihak gue adalah: mempedulikan orang yang tidak pantas dipedulikan dan diberi perhatian (and people like this can fuck off).

Sebagai orang Katolik, pedoman hidup gue itu: Yesus. Gue belajar mengasihi seperti Dia. Waktu di dunia ini, Yesus ditolak di mana-mana. Yesus mau membagi kasih ke semua orang tapi ga semua orang mau menerima. Tapi apa yang Dia lakukan? Dia tetap mengasihi dan mengasihi sampe dia rela mengorbankan dirinya sendiri.

Gue disuruh kayak gitu??? Gue cuma bisa bilang: gue itu manusia biasa. Gue ga bisa kalo ditampar pipi kanan, gue kasih pipi kiri gue. Gue mungkin ga akan tampar dia balik. Tapi gue akan diem dan menangis dalam hati. (siapa bilang gue ga punya sisi phlegmatis???). Gimana sich perasaan loe kalo loe perhatian dan care dan peduli sama 1 orang, dan tu orang bilang: loe tuh terlalu kepo cin, blablabla... Atau orang itu malah ngomongin dan ngejek gue di belakang? Lah, gimana caranya gue untuk membuktikan kalo gue itu ga ada maksud untuk bersenang2 di atas kesusahan dia... dan the last thing I want to do is embarass or talk about him/her?

Emang ga bisa dipungkiri kalo lagi ada gosip hot gue suka nimbrung2. Tapi gue pribadi sich tau batas kali. Dan gue cuma "asal tau aja" dan ngerame2in. Gue kaga suka menganalisa atau ngejudge seseorang apalagi di depan orang lain.

Yaudahlah, sekarang gue menjaga hati aja. Ga ada untungnya care sama orang kalo itu bertepuk sebelah tangan. Apalagi kalo dia pake tangannya untuk tampar kita.

Baru berasa susahnya ikut Yesus. Untuk bisa mengasihi seseorang emang sulit. Dan gue mau belajar.

sulizhen

0 comments: