Ocehan-ocehan saya :)

Thursday, January 27, 2011

About the other Jing

rasanya ga adil juga kalo gue selalu ngomongin tentang Beijing tapi ga pernah ngomong banyak tentang kota kelahiran gue, Jakarta. Sekarang gue sedang menghirup udaranya, menginjak tanahnya, merasakan macetnya, jadi mungkin inilah saat yang tepat bagi gue untuk ngasih sepatah dua patah kata.

let's start with the big question: do I like it here?

jawabannya mudah, klise... it's a love hate relationship. Jakarta itu enak kalo loe kaya. Punya mobil aja ga cukup, you gotta have a driver to really enjoy it. Selain punya banyak uang, loe harus punya banyak waktu. Waktu itu terutama loe habiskan di jalanan, di bank, di kantor pemerintah, dll, dsb

Tapi enaknya, orang2nya ramah... kadang2 berlebihan: "mohon maap" "permisi" "silakan" "terima kasih" dan kata-kata semacam itu bisa loe denger ribuan kali sehari, dengan senyum tentunya. Dan yang paling bikin gue kagum adalah... tingkat survivalnya tinggi. Upah di sini yang rendah, harga kebutuhan pokok yang selangit (cabe mahal! gula mahal! padahal makanan identik dengan pedas atau manis), sarana dan prasarana yang kurang memadai, authority yang ga bisa diandalkan... tapi tetep aja orang survive. berapa sih kasus bunuh diri di indo? boleh dibilang jarang banget. tetep senyum setiap saat dan pasrah...

selain itu, orang indo tuh nyantai banget n punya selera humor yang bagus. acara ngelawak tiap hari di TV ga berhenti... trus semuanya ditanggapin dengan joke dan sindiran. contoh yang paling kocak adalah waktu presiden curhat soal gajinya yang ga naik2, orang2 langsung kompak mau ngumpulin recehan buat si om beye. ada tahanan yang bisa jalan2 keluar negeri langsung dibuat lagunya "andai aku gayus tambunan". Oh ya, not to mention kreatif juga.

lho, jadi melebar ngomongin indo in general yah... yaudah balik ke jakarta deh

next question: do i want to spend the rest of my life here???

ga pake lama. jawabannya: NO. jakarta udah ga layak untuk settle down. sistem transportasi jelek, bensin mahal, sekolah mahal, rumah sakit mahal sedangkan gaji kecil. tapi jakarta punya satu hal yang beijing ga punya: affordable property. gue masih bisa ngebayangin punya rumah di jakarta (di luar rumah keluarga gue), tapi kalo di beijing. jangan mimpi deh. apartemen kecil di suburbnya beijing bisa dapet rumah mewah dan bertingkat di jakarta.

so, inilah jawaban gue tiap kali orang suruh gue pulang dan settle di sini. dalem ati gue: gue belon sanggup tinggal di sini. belon sanggup beli mobil, belon sanggup sewa supir, belon sanggup buang waktu di jalanan berjam2...

but i'll be back once in a while. buat ketemu bonyok, makan seafood, nyalon, nonton bioskop murah, dlsb...

0 comments: