Ocehan-ocehan saya :)

Saturday, April 3, 2010

Berkat di malam Paskah

Okay, perlu saya tekankan lagi kalo saya sama sekali bukan orang yang relijius. Not that it's a bad thing, but I'm really not. I just like to go to church gatherings and meet people. Yes, sometimes my purpose is really mixed up. Sorry, God.

Dan emang dasar manusia, ada kalanya kita khilaf. Kita berpikir kalo agama itu ga penting, yang penting hanyalah relasi kita dengan Tuhan. Kemaren ini gue sempet mikir kalo jadi Agnostic is not a bad idea. Tapi belon sempet gue pikir lebih dalem, Tuhan udah sadarkan gue.

Jadi selama tiga hari berturut2 (Kamis Putih-Jumat Agung-Sabtu Suci), gue ga pernah absen dalam ikut misa/ibadat. Semua ritual yang 'spesial' pada Tri hari suci ini, meskipun adalah bikinan manusia, sangat gue kagumi dan gue nikmati pada saat menjalankannya. Meski kita suka laper dan bosen ngikutin misa yang panjanggg... tapi kalo kita nikmatin, enak juga lho. Dan tiga hari ini beda2 misanya. Kamis Putih ada adorasi, Jumat agung ada Pasio (sp?), dan Sabtu Suci paling ribet sendiri. Panjang2 dan banyak bacaan dan ritualnya.

Dan tiga misa ini pada tahun ini tidak luput dari 'situations'. Maklumlah ini baru pertama kali kita misa paskah di rumahan. Waktu kamis sich biasa aja, palingan orang2 banyak yang telat (termasuk gw). Waktu Jumat, 2 orang yang tugas nyanyi Pasio tiba2 KETAWA di tengah2 nyanyi. Damn! Dan pas Sabtu suci, api di wirug ga mau nyala2. Tapi untung semua itu lewat dan ga ada yang incident yang berarti.
Dan hari ini abis misa sabtu suci, kita beres2 rumah, pindah2in sofa, dsb dst, dan tibalah saat2 yang paling ditunggu2 yaitu MAKAN MAKAN! Yeayy.. akhirnya berangkatlah 9 dari kita ke jindingxuan buat makan late night dimsum.

Waktu homili tadi pasturnya ada ngomong sedikittt tentang oma-nya. Tapi dia bilang, nanti kapan2 diceritain. Trus abis itu pas makan gue tagih lagi dan akhirnya ceritalahhh orang2 berkepanjangan tentang nenek mereka masing2. ada yang nangis, dan ada yang bikin kita ketawa ngakak. sampe kita ga sadar kalo itu udah jem 2.
Jadi intinya, kita jangan cuma mendoakan orang tua kita aja, tapi jangan lupakan kakek nenek kita, baik mereka masih hidup ato udah ga ada di dunia ini lagi.

Menarik banget sih denger cerita2 mereka, bagaimana nenek2 mereka yang bersahaja, sederhana, dan selalu mendoakan keluarganya kapanpun. It's amazing. 1 cerita yang paling gue suka adalah, neneknya si Michael kalo hari paskah maunya misa paling pagi supaya pulangnya keburu nonton TV siaran langsung dari Vatikan dan dapet berkat juga dari Paus. hihihi.. so sweet and cute.

Bokap gue dari kecil yatim piatu. Kakek dari nyokap waktu gue kecil udah ga ada. Gue cuma inget beliau adalah kakek kurus yang suka makan permen pagoda (bahkan sekarang kalo sembayangan keknya masih suka dibeliin itu permen). Yang sekarang tersisa cuma nenek dari nyokap yang gue panggil popo. Popo gue ini bahasa Indonesia aja ga bisa. Jadi yaa.. beda banget deh sama nenek2 mereka. Tapi setiap kali mereka cerita itu gue juga tetep inget popo dan mikir, sekarang popo gimana yah keadaannya?

Trus dari cerita2 anak, udah gitu sharing2 sama besties gue di Indo, ini udah common fact kalo anak itu bener2 kebentuk dari sifat org tuanya. Keluarga gue dibilang relijius juga kagak... bonyok gue mungkin ga gitu ngerti tentang Katolik karena baru dibaptis sekitar 15 tahun yang lalu. Tapi selama 15 tahun ini, kalo bukannya yang bener2 ga bisa, bonyok gue ga pernah absen ke gereja setiap minggu dan ga pernah telat sekalipun. Jadi ya gue sekarang tau tentang katolik bukan dari ortu gue, tapi dari kegiatan2 rohani. malah gue pengen yang ajarin bonyok gue atau encourage mereka untuk sesekali ikut retret ato biar lebih tau lebih dalem lagi ttg iman Katolik.

So, singkat cerita, gue ngerasa so blessed banget hari ini. mulai yang dari ngerasa: wow, liturgi, upacaranya katolik keren banget, sampe gue bersyukur banget bisa denger sharing2 orang yang seru dan lucu2. menginspirasi gue untuk selalu tetep taat dan berada di jalan yang benar dan mudah2an kalo dikasih dapet PH yang katolik juga supaya bisa bangun keluarga katolik yang saling mendoakan dan harmonis dan happily ever after....................

Happy Easter all!

xoxo

Cindy

0 comments: