Ocehan-ocehan saya :)

Saturday, April 24, 2010

Derita ngantri di Bank

Bused ye, kaga di Indo, kaga di China, yang namanya ngantri di bank itu selalu pain in the ass. Di dua tempat ini, gue punya account bank yang paling sejuta umat (BCA and ICBC) karena gue anggep gampang kalo mo cari ATM dan transfer2an duit. tapi konsekuensinya adalah: loe harus merelakan 1 jam loe di hari Sabtu yang berharga cuma buat 5 menit di counter. Argh! (ralat: bank sabtu ga buka kalo di Indo. Kalo di China 7 days a week)

Kalo di Indo, kita mau masuk bank itu dibukain pintu sama satpam gendut dan diberikan perhatian yang berlebihan "selamat pagi bu...." pake senyum lebar banget pula. udah gitu ngambil nomernya bukan pake mesin, tapi pake kertas fotokopian murahan yang digunting2 dan ditaruh di 1 kotak. biasanya di indo seh cuman ada 2 orang di depan kita... TAPI TETEP AJA NUNGGUNYA 1 JAM. Masya Allah, salah apa gue sama bank. Pantesan aja nama banknya Bank Capek Antri. Counternya cuman 2, dijaga sama mbak2 yang cantik bersanggul tapi kalo kerja LELET MINTA AMPUN dan ngomong volumenya pelaaaaaaaaaaaaaaaan banget. Bused tambah ga sabaran aja gue.... Padahal gue cuman mau buka account doank itu juga prosedurnya lama beeng. I know, I know, for safety reason they have to know my mom's nama gadis. WTF? and cant they come up with a better translation for 'maiden name'??? My dad's friend once said that his mother's maiden name was 'Mayang Sari'. hahaha....

di China, yah masih oke kali ya ngantrinya 1 jem buat 40 orang. tapi TETEP AJA buang waktu berharga gue... padahal gue cuman mau ganti buku doank... mesti bawa paspor segala!!!! di China bank rata2 punya 10 counter, tapi yang buat nasabah biasa kek gue paling cuma ada 3, yang lain buat 'VIP' ato transaksi mata uang asing. Ada orang2 yang gue kaga tau ngurusin apaan bisa lamaaaaaaa banget di 1 counter. Service-wise, IMO China is better. Cepet, tapi cenderung rada jutek tanpa basa-basi. Tapi satpam and lobby manager (?)nya cukup ramah sich. Cuman peraturannya aja yang rada ribet, kalo mo ngapa2in account kita harus bawa2 paspor. Trus gue seneng di China bisa langsung ngeprint buku pake mesin (ga perlu antri terlalu panjang) dan bisa simpen duit pake mesin juga. I know di Indo juga bisa tapi kayaknya ga semua bank bisa ya?

So gue nulis ini gara2 tadi gue ngabisin waktu 1 jam di bank cuma buat ganti buku. Ternyata kalo ganti buku di sini, kasar banget lho... di Indo setau gue digunting jadi kayak segitiga gitu. Kalo di sini, halaman pertamanya disobek dan dia simpen, dan halaman paling belakang yang ada 'chip'-nya itu dirusak sama dia. Cara ngerusaknya? sobek aja ga pake hati... jadi jelek banget deh. Udah gitu setiap halaman dicap merah-merah.

Resenya bank di China lagi, kita ga bisa punya buku dan kartu pada saat bersamaan. Untung ICBC gue udah bikin lama jadinya waktu itu masih boleh. This is stupid though, I dont know whats the reason. Mungkin 1 bisa buat belanja2 dan 1nya buat nabung. Jadi ga bisa diambil2 di ATM. Acc ABC gue juga cuman ada kartu, jadi gue males pake... ga bisa ngetrack gue 1 bulan ngabisin duit buat apa aja. hahaha,

The good thing about Chinese bank is their e-banking, thats what I heard. But I've never gotten the chance to try.

Kritik buat diri gue sendiri setelah banyak kritik orang lain, gue harap gue bisa punya money management yang lebih rapi dan lebih rajin nabung demi masa depan gue. hehe...

Ciao!

0 comments: