Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, April 11, 2010

a Lesson from Retret Penyembuhan Luka Batin

So, gue ikut retret weekend ini. Gue mo cerita sesuatu yang menurut gue sangat menarik, tapi ga gitu nyambung sama retretnya.

Perikop alkitab favorit gue adalah Lukas 15:11-32, kisah Perumpamaan Anak Yang Hilang. Buat yang Kristen, mungkin udah ga asing lagi sama cerita ini. Tapi bagi yang bukan Kristen, gue rasa ini juga sebuah cerita yang teramat bagus dan bisa dinikmati.

Jadi kira2 begini ceritanya (gue pake bahasa yang gampang dimengerti sama semua demografi):
Ada seorang bapak kaya yang punya 2 orang anak lelaki. yang bungsu tiba2 bilang minta warisan yang bagiannya dia. karena bapaknya baik banget, dikasih deh itu harta dan anak bungsu itu pergi jauh.
di negri lain, anak bungsu itu menghamburkan duit bapaknya itu dengan berfoya2 sampe duitnya abis. dan pada saat itu ada bencana kelaparan di negri itu dan dia jadi melarat. dia kerja di kandang babi dan saking lapernya, dia minta makanan babi buat dia makan sama tuannya, tapi ga dikasih.
diapun mikir: pembantunya bokap gue aja idupnya jauh lebih enak lagi. gue emang bersalah sama Tuhan n sama bokap gue neh. mendingan gue balik aja ke rumah dan jadi kulinya bokap gue.
lalu pulanglah dia ke rumah. belom sampe ke rumah, bapaknya udah liat dia dari jauh. dan bapaknya, saking sayangnya sama dia, berlari menghampiri dia, lalu memeluk dan mencium dia. baru juga anak itu mau minta maaf sama bapaknya, bapaknya lgsg bilang sama pelayannya: "cepat ambilkan jubah yang paling baik, sepatu, dan cincin. lalu sembelih anak kambing, kita pesta! soalnya anak saya yang pergi, udah pulang. dia udah mati, tapi idup lagi."
dan ketika mereka lagi pesta, datanglah sang kakak baru dari kerja. begitu kakaknya liat bapaknya nyembelih kambing dan bikin pesta buat adiknya yang murtad, ngamuklah dia, bilang: "pak, anak kurang ajar gini bapak bikinin pesta gede2an. lah saya yang udah bantu bapak kerja tiap hari, ga pernah sekalipun disembelihin kambing buat pesta2!!!" dan kakak inipun menolak untuk masuk rumah.
bapaknya yang baik dan sabar bilang begini: kamu udah tiap hari bersama2 dengan aku. apa yang jadi kepunyaanku adalah kepunyaanmu juga. mestinya kamu seneng, karena adik kamu udah mati dan hidup lagi. dia udah hilang, tapi bisa kembali!
-the end-

bagus kan ceritanya? intinya juga udah tau kan kira2? kalo biar gimanapun manusia berdosa, asal kita mo kembali ke Bapa kita, dia mau menerima dan memaafkan kita kembali tanpa syarat. bahkan pada saat itu kita bau kotor kayak baru abis dari kandang babi, Dia tetep mau lari menghampiri kita, peluk kita, dan cium kita.

tapi selain itu gue juga jadi tau simbol2 yang dipake di cerita ini, antara lain:
1. udah jelas dari pertama kita tau kalo anak bungsu itu kurang ajar. anak itu sama aja dengan nyumpahin bapaknya mati. anak kyk gini disebut "anak murtad". di adat Yahudi, anak sulung dapet harta 2/3, anak bungsu dapet 1/3. nah pertanyaan gue yang ga kejawab adalah: kalo anaknya lebih dari dua pegimane???

2. anak bungsu digambarkan sebagai orang yang lebih hina daripada babi. di adat Yahudi, babi itu haram. bahkan makanannya binatang harampun dia ga bisa makan. berarti dia hina mampus parah.

3. waktu bapaknya terima dia kembali (scene paling mengharukan), dia suruh pelayannya untuk bawainn cincin, jubah, dan sepatu. nah kata pembicaranya, cincin itu lambang kekuasaan, jubah lambang kekayaan, dan sepatu itu lambang ANAK. katanya orang Yahudi itu kalo jadi pembantu (budak), ga boleh pake sepatu.

4. waktu bapaknya bikin pesta, penting bagi anak sulung untuk hadir dalam pesta itu, karena itu merupakaan kebiasaan orang Yahudi. anak sulung selalu dibawa kemana-mana sebagai kayak 'simbol' gitu.

kurang lebih itu yang dikasih tau pembicaranya. menarik yah :) gue jadi pengen baca2 perjanjian lama buat tau lebih banyak lagi ttg kebiasaan orang Yahudi jaman baheula dulu. (wew pembicaranya bilang kalo kita mungkin bakal ada dorongan buat baca kitab suci. maybe this is it)

segini dulu. besok kerja lagi!!!

xoxo

Cindy

0 comments: