Ocehan-ocehan saya :)

Monday, April 12, 2010

Why I choose to be a Catholic (rather than an Agnostic)

Meski gue bukan dilahirkan katolik, tapi dari kecil sekolah di sekolah Katolik, jadi dari TK aja udah bisa berdoa Bapa Kami and Salam Maria. Waktu itu tahun 1992 gue umur 6 tahun, bokap gue ajak kita sekeluarga jalan-jalan ke Eropa dan kita pergi ke Vatikan. Di dalem Basilika, gue ga tau napa bikin tanda salib terus selama di situ. Waktu ada kayak tempat berlutut gitu, gue, cici n nyokap berlutut di sana dan gue berdoa Bapa Kami (karena kaga bisa berdoa yang lain). Dan ga lama setelah itu kita sekeluarga dibaptis Katolik. Pertamanya gue ga pernah nyangka kalo ini ada hubungannya. Tapi gue inget nyokap pernah cerita soal ke Vatikan sama sapaaa gitu n dia bilang: "iya abis itu kita sekeluarga jadi Katolik". Dan maksud nyokap gue kita dikasih berkat gitu... jadi dipanggil masuk Katolik. Bukannya amazed sama kemegahan gerejanya kita jadi tergoda.

Nah terus waktu tahun ke2 gue kuliah, ada 1 guru gue yang bule. Dia ngajar soal kebudayaan barat dari jaman Yunani sampe jaman contemporary (sekarang/post-modern). Nah waktu dijelasin soal Middle Age, dia deskripsiinya Katolik itu tuh korup and parah banget. Dan I checked with my pastor, and dia sendiri juga bilang bener, jaman dulu Paus itu pada munafik semua. Dan waktu itu si profesor menyadarkan gue kalo agama itu semua buatan manusia and therefore kaga penting, yang penting Tuhannya. Peraturan dan sistem itu semua manusia yang bikin.

Maka mulailah gue males ke gereja dan males berdoa (tapi ini karena faktor waktu itu ada cowo aje). Tapi entah gimana kayanya gara2 waktu itu gue ikut misa Kamis putih ato retret gitu yang bikin gue tobat lagi (tapi tetep berpikir kritis gitu...).

Trus gue belakangan baru tau kalo ada orang2 yang namanya Agnostic. Yaitu orang2 yang percaya Tuhan, tapi ga percaya sama agama. Waktu itu gue pikir, boleh juga neh. Ga usah terlalu nurut sama aturan tapi tetep percaya. Tapi again, seperti yang udah gue tulis beberapa blog lalu, gue ikut rangkaian misa tri hari suci dan Tuhan hapus deh pikiran2 gitu.

Trus setelah ikut retret dan melihat dan mengalami sesuatu yang luar biasa, gue jadi mikir, inilah gunanya agama. Agnostics ga punya bible, ga punya ritual, ga punya komunitas. I don't even know if they pray or not. Sedangkan itu semualah yang mendekatkan kita dengan Tuhan dan bisa mendapatkan inner peace. Tapi bagi gue jadi Agnostic juga ga salah koq. Mo jadi atheis juga ga salah.

Again, gue ga bilang agama mana yang lebih baik ato buruk, but gue bangga banget deh jadi Katolik. Moga2 (lagi), gue bisa ketemu PH yang Katolik dan membangun sebuah keluarga Katolik yang bersahaja.

xoxo

Cindy

2 comments:

joshie said...

amen =)cup cup muaks

.cindy. said...

pst pst ckck muah ah