Ocehan-ocehan saya :)

Friday, January 17, 2014

Meeting Merry Riana – Part I

Memang sesuatu yang dicapai dengan penuh perjuangan rasanya akan lebih manis dibanding yang lancar-lancar aja yah. Hari ini gw membuktikan hal itu.

Bermula di Sept 2013 di mana gw ikut acara lokakarya penerjemahan dan gw kenalan sama seorang wartawan dari Sinar Harapan. Koran SH ini punya sister publication yang namanya Majalah YouYi. Majalah ini adalah majalah buat komunitas Tionghoa, terutama pengusaha-pengusaha gitu deh. Nah setelah kenalan sama si mbak SH, yaudah deh no contact selama berbulan-bulan sampe bulan Desember 2013. Si mbak ini SMS gw bilang kalo dia kasih nomer HP gw ke pimrednya YouYi, katanya mereka lagi butuh orang banget. Singkat cerita, akhirnya ketemuanlah gw sama si bapak pimred, 2-3 hari sebelum gw berangkat liburan. Itu pun setelah direschedule berulang-ulang. Jadi meeting hari itu agak sedikit dipaksakan dan terburu-buru, tapi untungnya ada hasilnya juga.

Hasil dari meeting itu adalah, bapak ini butuh gw freelance untuk dia dan cari artikel-artikel yang relevan untuk majalah ini, salah satunya profil orang keturunan Tionghoa. Gw asal nyeletuk aja “Merry Riana” dan bapaknya ini seneng sama ide gw. Tapi gak ada follow upnya karena udah masuk ke suasana liburan dan gw gak tau sebutuh apa si bapak soal artikel ini.

Pas gw masih di Singapur, orang YouYi ada yang hubungi gw untuk ngasih tau deadline artikel. Mereka mau nerbitin buat edisi Chinese New Year. Sekembalinya gw dari Singapur, gw langsung kontek si bapak pimred dan beliau langsung mendaulat gw untuk menulis artikel Merry Riana yang deadlinenya kurang dari 2 minggu. Alamak. Gw mereply email itu dan merespon si bapak dengan sesuatu yang gw gak tau bisa penuhin atau gak “Saya usahakan ya pak”.

Gw pun cari twitternya Merry dan di sana ketemu alamat emailnya yang admin at merryriana dot com. Yaudah gw perkenalkan diri dan mengundang wawancara. Dalam hati gw mikir, “palingan gak dibales, atau cuma dapet autoreply”. Dan bener aja, gw tunggu berhari-hari, gak ada balesan. Gw kirim email ke redaksi YouYi yang bilang “maaf, saya sudah berusaha menghubungi, tapi tidak ada balasan dari Merry”.
Gw sedikit merasa bersalah sama si bapak, jadi gw menulis sebuah artikel lain tentang temple fair yang menurut gw “seadanya”. Karena terus terang hubungan Indo-China udah bukan niche gw lagi. Mungkin gw lebih bisa nulis yang bagus kalo gw masih di Cabe Rawit. 

Trus sambil gw browsing-browsing, gw iseng buka spam folder di email gw. Dan rupanya… JENG JENG JENG… ada balesan dari timnya Merry Riana ENAM HARI YANG LALU!!!!! OMGGL Ya ampun gw langsung kalang kabut… Emailnya bukan autoreply! Emailnya baik banget pula… Merry bersedia diwawancara!!! Gw semakin bertambah gak enak! 

Gw pun langsung membalas email itu dengan permintaan maaf karena emailnya nyangkut di spam folder. Trus akhirnya stafnya itu WHATSAPPin gw. Baik banget gak sih? Dia mau kontek gw personally pake channel yang personal banget. Meski bukan Merrynya sendiri, tapi tetep aja gw merasa tersentuh.
Melalui stafnya yang bernama Mbak Fida, gw bikin janji interview. Pertamanya Mbak Fida mau ngasih di tanggal 22 Januari. Terus gwnya yang “ada yang lebih awal gak Mbak?” Soalnya itu agak kejauhan dari deadline. Trus Mbak Fidanya bisa squeeze gw di tanggal 17 Januari. Amazing deh…

Trus mulailah gw cari-cari tau tentang Merry ini. Gw PINJEM bukunya dari Patty dan buku itu khatam dalam waktu 2 hari. Knowing that I’m meeting Merry for sure, gw beli lah buku itu untuk koleksi dan minta tanda tangan tentunya. Bukunya gw akuin emang bener-bener luar biasa banget. Gw tau kalo dulu gw sempet agak skeptis sama yang namanya motivator, tapi ya untuk hal ini gw berusaha mengambil hal-hal yang sejalan sama gw dan tetap menghargai cerita hidupnya yang emang ga diragukan lagi udah menginspirasi banyak orang.

Then gw pun udah menyiapkan jasmani dan rohani untuk ketemu Merry Riana. Dan bokh… ternyata emang Jakarta kejam yah. Bukan berarti lo udah janji sama orang tempat dan waktu yang spesifik, lo bisa dengan semudah itu mewujudkannya…


(bersambung)

0 comments: