Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, November 3, 2013

Some people just love to see other people miserable

Waktu mulai berjalan lambat lagi, karena di awal November ini, lagi-lagi ada perubahan yang cukup besar dalam hidup yang bagi gw kurang menyenangkan.

Berawal dari awal bulan September di mana gw bekerja paruh waktu di sebuah lembaga bahasa yang baru berdiri. 2 bulan ngajar di sana dengan jadwal yang cukup padat dan aneh bikin gw cukup betah meskipun sesekali cape dan ngerasa "aneh". Selama 2 bulan, jadwal gw kerja di sana Senin-Jumat dan sehari minimal 5 jam. Ada yang 6, ada yang 7 jam. Udah gitu, kebanyakan mulainya sore dan selesai bisa jam 8 sampe 10 malem.

Selama 2 bulan ini, gw ketemu banyak macam murid. Ada yang masih sekolah SD, ada yang seumuran gw, ada juga yang udah punya cucu. Puji Tuhan mereka puas dengan cara mengajar gw dan selalu masuk pas shift gw. I guess ada juga sih beberapa yang gak cocok dengan gaya ngajar gw dan ga pernah balik lagi. Di sini gw belajar milih bahan yang cocok untuk murid yang berbeda-beda, dan gw belajar gimana caranya supaya mereka enjoy sama bahan yang gw sampaikan. Gw berusaha konsisten pake textbook, gw usahain dari awal sampe akhir runtut dan ngerjain semua latihannya. Meskipun kadang keadaan gak memungkinkan untuk itu, gw berprinsip bahwa setiap murid harus mendapatkan sesuatu setelah keluar dari kelas yang gw pimpin.

Gw terharu sama murid-murid yang udah jadi kayak temen gw. Di luar jam kerja, mereka suka whatsapp/line gw dengan nanya ini itu, atau sekedar tanya jadwal. Bahkan ada beberapa yang jadi ngobrol dan curhat. Haha...

Lalu di akhir bulan Oktober, saat di mana kita harus atur jadwal untuk November (jadwal kita ganti tiap bulannya), gw punya koordinator baru. Orang ini agak susah untuk dinego soal jadwal, dan saat itu mengakibatkan gw rada-rada bete dibuatnya. Dia kurang efisien dan kurang tangkas dalam mengatur jadwal yang terbaik buat semuanya (guru, murid, manajemen). Tapi akhirnya, gw (terpaksa) sepakat dengan jadwal baru yang dia buat.

Setelah jadwal itu berjalan seminggu, tiba-tiba ada peraturan baru dari si pemilik kalau guru part time ga boleh lebih dari 10 jam per minggu. Which means, jam gw yang tadinya ada 22 jam seminggu bakal dicut jadi 10 jam. Hal ini secara finansial tentu berpengaruh besar buat gw, my main source of income berkurang lebih dari setengahnya. Tapi ini gw cukup santai... Yang bikin gw mangkel banget adalah, ada jadwal baru gw yang diatur jadi 3 jam ngajar, 2 jam break, 2 jam lagi ngajar. Which means gw harus stay 7 jam di sana tapi gw cuma dibayar 5 jam. Gw udah bilang ga mau digituin, dan students juga menyatakan keberatan. So I said, give me 5 hours straight or nothing at all. Trus sang supervisor (bukan koordinator) bilang, "They do this to make it difficult for part time teachers." Ckckck... Gw ga habis pikir sama orang-orang yang sengaja bikin hidup orang merana padahal itu juga ga membawa kebaikan apapun buat dirinya sendiri.

Gw bisa aja resign detik itu juga. Tapi, kebiasaan gw (entah ini baik atau buruk), gw merasa itu terlalu mudah untuk mereka jadi gw harus kasih mereka pelajaran dulu sebelum gw cabut selama-lamanya dari situ. Kayak gimana? Jujur aja belom tau.

Koq ada aja contoh buruk di sekeliling gw ini yah. Earning money itu gampang, cari guru itu gampang, tapi pertahaninnya yang susah banget. Bikin semua orang happy itu yang ga gampang, padahal kalau mau, bisa aja loh. Segitu pentingnyakah membuktikan diri sendiri hebat dengan cara "I can make your life miserable?"

This is something not worth fighting for, so I better leave.

0 comments: