Ocehan-ocehan saya :)

Wednesday, November 20, 2013

Perjalanan mencari asuransi jiwa dan kesehatan - Part 1: my financial condition


Puji Tuhan. Tuhan atur rezeki gw sedemikian rupa sehingga gw bisa memenuhi semua target finansial gw di tahun 2013. Bukan dengan cara Tuhan selalu lancarkan pemasukan gw setiap bulan kayak keran bocor, melainkan dikasih naik turun dan maju mundur sampai akhirnya gw “pinter” ngaturnya, dan puji Tuhan lagi gw akan menutup tahun 2013 ini dengan rasa puas diri.
Flashback ke awal tahun 2013, di mana gw barusan keluar dari kerja kantoran dan mulai kerja di preschool yang gajinya lebih kecil dari kerja kantoran yang udah lumayan kecil. Pekerjaan itu cuma bertahan tiga bulan. Saat itu, duit menguap aja. Gw gak bisa nabung (tahun lalunya juga gak nabung sih), dan terancam kayaknya ga bisa nyicil mobil lagi.
Di tengah kegalauan finansial itu, gw jalan-jalan ke Bangkok (pinter banget ya?). Gw lupa pake duit dari mana, kayaknya sih itu ngorek tabungan lama. Trus sepulangnya dari Bangkok, gw yang ga tau mau ngapain dapet my first book translation job dari penerbit dan actually bakalan diterbitin. Gw juga dapet job jadi guru Bahasa Indonesia buat Chinese expats di Jakarta. Gw tetep bisa bayar cicilan mobil tapi tetep aja abis itu duitnya abis entah ke mana.
Di titik ini, gw mengaku kalau gw itu freelancer. Gw udah melabeli diri gw dengan kata kunci yang cukup ngehits itu. Tapi itu semua bukannya karena ada 1 titik gw dapet wahyu dan gw langsung sadar, tapi itu adalah pernyataan yang keluar dari kondisi yang mulai menunjukkan polanya (yaitu pola gak beraturan!). Di titik ini, gw tau gw gak bisa balik kerja kantoran lagi dan gw juga gak bisa kerja di preschool/sekolah. Kebetulan juga job lagi lancar, why not?
Then, gw mulai mengalami ups and downsnya. Summer gw ke Beijing dan Lebaran gw ke Malang (thanks to my flexible schedule!), during which gw gak kerja dan berarti gw gak dibayar! Waktu Summer gw juga pake pecahin celengan segala, tapi gw gak anxious karena gw gak catet berapa yang gw punya dan yang gw habiskan. Di saat orang lain dapet THR Lebaran, gw malah manyun karena lagi “kering”. Dan saat lagi gersang, tiba-tiba gw jalan-jalan ke Makassar dan beli tiket Jay Chou yang ajubile harganya. What was I thinking? (tapi gw gak nyesel sih keduanya itu).
And in September, gw ngobrol sama my best friends yang udah sadar finansial duluan. Dalam bulan itu, gw melahap sebanyak-banyaknya informasi dan ilmu mengenai personal finance dari buku dan browsing sampai akhirnya gw sadar, kalau keuangan gw sangat berantakan banget dan gw ada dalam posisi bahaya! (before that I was ready to spend all my emergency $$$ to pay my car loan, OMG! Sekarang rasanya pengen toyor diri sendiri), Gw bahkan ga tau kalau “celengan” itu harus dilabeli “emergency fund”. Saat itu gw cuma taunya itu uang sisa (di mana gw sangat beruntung untuk memilikinya).
Back to financial literacy. Temen gw itu ngajarin kalau kita harus punya tabungan dan investasi, dan gw ga ngerti blas sama yang namanya invest. Temen gw itu dan ada 1 temen lagi (mereka berdua dari lingkaran yang berbeda) dengan antusias memberi pengarahan pada gw, sampai akhirnya gw membeli reksadana pertama gw di September 2013.
Dengan penghasilan freelancing gw yang mulai menunjukkan sebuah pola yang beraturan, gw komit kalau gw harus mengalokasikan sekian persen ke tabungan dan sekian persen ke investasi (dan X ke cicilan mobil sampai lunas). Tapi ternyata itu semua belom cukup, karena gw yang gak kerja kantoran ini GAK PUNYA ASURANSI KESEHATAN. Jreng…


(bersambung)

0 comments: