Ocehan-ocehan saya :)

Friday, May 24, 2013

Money Problem

Bagi kebanyakan orang Indonesia, ngomongin soal uang terkadang jauh lebih tabu daripada ngomongin agama atau seks. Mungkin kita udah biasa ngobrolin soal kerjaan sama temen-temen kita. Tapi ngomongin numbers, details, plans, debts, dll... gw ngerasanya sangat jarang. Paling-paling cuma bilang barang A mahal, barang B murah. Eh invest ini yuk, itu yuk... Tapi lagi-lagi, no detail.

Ngomongin di circle yang paling intim sekalipun aja ga pernah, apalagi ke orang asing (a.k.a pembaca blog/twitter). Makanya gw cukup kaget ketika menemukan beberapa PF (Personal Finance) Blogs di mana sang blogger menulis dengan jelas cashflow dia setiap bulan. Kebanyakan cerita bagaimana mereka struggling bayar debt entah itu CC debt atau student loan mereka. Yang paling gw suka adalah blondeonabudget.ca .

Dari dulu, sejak tinggal di Beijing, gw ga pernah tuh yang namanya track expenses gw secara detail. Selalu nyoba beberapa kali, tapi ga pernah bertahan lama (yeah, penyakit Cindy). Palingan gw catet di HP aja, hari apa isi pulsa, top up kartu MRT dan top up kartu kantin (buat makan). Kebiasaan ini bertahan sampe gw for good.

Akibatnya? Seperti yang sudah bisa ditebak... Kadang gw ngerasa gw punya banyak duit koq tau-tau udah ga ada aja ya... hehe... Trus gw kira di tabungan gw duit udah lumayan banyak, loh, tapi koq.... ga sebanyak itu? (Kalo keadaannya kebalik mah malah seneng ya...). Cuma untungnya, meskipun gw ga track income outcome gw, gw gak pernah sampe yang namanya "minus". Kalo mendekati 0 sih pernah... :D

Then waktu kerja kantoran, gw juga berusaha bikin rules sendiri. Dulu pertama kali kerja di Beijing, gaji bulanan gw bagi menjadi 3 bagian sama besar (kurang lebih). 1 untuk rent apartment, 1 untuk nabung, dan 1 lagi (bagian terbesar) buat pake sehari-hari. Pas kerja di Indo juga kurang lebih gitu meski perbandingannya gak sama. Cuma lebih enak ngaturnya karena lo udah tau setiap bulan tanggal sekian lo akan terima X amount of money.

Lah trus piye sekarang diriku yang baru mulai freelance ini? Puji Tuhan banyak project... Tapi berkah ini menimbulkan tantangan baru, yaitu track spending. Mau ga mau deh.... Udah ga bisa kayak dulu lagi. Karena dari setiap project, jumlah uang yang diterima berbeda, tanggal penerimaannya berbeda... Dan in total gw ada at least 5 clients sekarang. Belum lagi ada client dadakan. Kenyataannya ga seindah ceritanya loh! Karena seringnya when you need the money, belum saatnya dibayar. Buhuuuu.... Gimana dong? So far belum pernah yang jebret semuanya dibayar pada saat bersamaan. Hehe...

Gw udah ga bisa minta cash lagi sama orang tua, meskipun asalkan gw buka mulut mereka pasti ngasih. Meski gw ga pernah bilang gw lagi butuh cash, mereka tau aja gw butuh (ya iyalah always butuh...). Kalo mereka ngasih, gw biasanya sih nolak. Jadi... apa yang mereka lakukan? Kadang kalo abis mereka pake mobil gw (yang actually adalah separuh milik mereka juga), mereka naruh uang parkir di mobil yang cukup untuk beberapa hari dan bensin sudah kembali full tank. Haha... thanks mom and dad! Tapi, meski mereka ga kasih cash, gw masih tinggal sama mereka di mana semua utilities masih mereka yang tanggung dan kalo makan keluar atau ke supermarket, they always pay.

Tapi, udah dibaein gitu, masih aja sering deg-degan karena mepet! Pernah ada 1 klien yang ga bayar-bayar lamaaaaa banget tapi gw ga enak mintanya (another penyakit Cindy). Alhasil merusak semua perhitungan di awal bulan. Pernah duit di tabungan gw tinggal 100rb lebih sampe gw mo isi pulsa yang biasanya langsung 100rb, gw cuma isi 50rb saja! Belum lagi isi bensin yang biasanya dicampur (pertamax + premium) jadi premium sahaja dulu. *pukpuk diri sendiri dan mobil tersayang*. Downgrade lah beberapa hal... Yang susah didowngrade adalah kalo lagi ngumpul sama temen-temen.

Phew... udah terbuka banget kan gw? Tetep aja gw belom bisa post screenshot dari excel gw. Template itu semua gw bikin sendiri dengan cara sesederhana mungkin. Kalo pake yang download mah... ribet banget. Karena mereka biasanya include mortgage, kartu kredit, loan ini itu.... (yang gw sekarang belom punya).

Semoga bisa semakin efisien dalam mengatur budget diri sendiri! :D

C

0 comments: