Ocehan-ocehan saya :)

Wednesday, May 29, 2013

It's not about ME

Beberapa bulan lalu ketika lagi down-downnya, gw membeli sebuah buku rohani Kristen yang berjudul "It's not about me". Buku ini dikarang oleh seorang pendeta Amerika. Intinya dari buku itu... ya typical buku kristen lah. It's not about me, it's all about God.

Tapi yang mau gw bahas di sini adalah.... gw dan orang-orang lain.

Memang cuma ada satu Cindy Kusuma di dunia ini yang adalah diri gw sendiri. Tetapi, kalau dilihat dari sudut pandang orang lain, gw ini sama kayak kebanyakan orang seumuran gw. Yang bikin gw cukup terhibur ketika baca buku itu dan berpikir begini adalah: hey! gw bukan orang paling sial di dunia!

Ketika gw ngobrol sama temen cewe gw yang sekarang udah mendekati 30 (atau udah 30? pokoknya dia udah melewati tahap gw ini). Dia bilang: "gw ngerti banget perasaan lu Cin, saat itu pas gw ngerasa down, gw pengen semua orang tau kalo gw lagi menderita... alhasil hubungan gw sama adik2 gw sempet ga baik. tapi, itu semua akan lewat koq..."

Jleb... waktu dibilang gitu, gw ngerasa tertampar. Rasanya semua orang perlu tau kalo gw ini miserable. Meski kadang gw ga ngomong, tapi cukup keliatan dari muka gw. Terpampang jelas di muka gw: I'M HAVING A BAD TIME

Lalu gw sadar juga kalo sebenernya kebanyakan orang di usia gw lagi mengalami challenge yang sama! One day gw ngobrol sama temen baik jaman kuliah. Gw tanya kabarnya dia dan dia langsung bilang kalo dia lagi cari kerjaan baru dan "having a tough time". Langsung dari jarak ribuan kilometer, gw dalem ati ngerasa "I FEEL YOU SIS!" Gw bilang, "Me too!" Selain tujuannya juga memberitahu kalo gw sedih dan miserable... Gw mau kasih tau dia kalo dia gak sendirian. Dan pada jarak yang lebih dekat, ada seorang sahabat yang lebih muda umurnya setaon dari gw dan dia BARU MULAI merasakan hal ini.

Oh quarter life crisis, you're such a bitch.

Meski bukannya gw seneng temen2 gw juga lagi mengalami kesulitan hidup, gw somehow disadarkan bahwa: HEY... bukan gw doang yang lagi dikasih cobaan. bukan gw doang yang lagi "dipaksa jadi dewasa". bukan gw doang yang ngerasa hidup ini rasanya semuanya salah dan berantakan. Inilah yang menyadarkan gw untuk gak terus menerus meratapi nasib dan mengasihani diri sendiri. So, instead of crying about it, why not laugh about it? Gw berusaha selalu memberi perhatian khusus bagi orang-orang yang sedang mengalami hal yang sama (karena itu jugalah yang gw butuhkan).

We'll come out as winners.

C

0 comments: