Ocehan-ocehan saya :)

Wednesday, June 15, 2011

Xiamen - part 1

Note from author: ini gue tulis ulang lagi karena yang sebelomnya crash and burn alias komputernya crash dan ilang semua. Ini udah 2 minggu sejak gue dari sana so might not be too accurate but still better than nothing! :)

Jadi gue pergi ke Xiamen atas undangan KBRI Beijing untuk sebuah misi mulia membangun yang namanya PPI Tiongkok. Beginilah perjalanan gue:

Sebelom perjalanan: temen gue yang imut bernama Cynthia dulu pernah lama tinggal di Xiamen dan dia kenalin temen2nya untuk ngajak gw hepi2 di Xiamen. Ada 2 orang.

Hari 1, Jumat:
Gue ambil cuti di kantor untuk 1 hari dan berangkat naik pesawat yang paling pagi. Jadi pagi2 bener2 celeng banget dan jam stgh 11 gue udah sampe di Xiamen dengan schedule yang kosong. Gue cek weibo gue ternyata orang2 di kantor lagi pesta oyster, cherry, n champagne!!! Asem... Gue ga suka oyster seh, tapi champagnenya itu bikin mupeng. yaudah gw abis lunch tidur siang aja di kala orang2 pergi ke Gulangyu, abis itu sore2 gue nyari temennya si Cynthia dan gue jalan2lah di pedestrian streetnya Xiamen yang namanya Zhongshanlu dengan tujuan: KULINER.
Gue makan ngohiang stik yang lumayan enak, trus shaoxiancao yang masih lebih enakan di beijing dan shachamian khas Xiamen yang no offense rasanya gak enak banget. hehehe... mungkin laen kali harus makan di tempat yang lebih nggenah.
Trus gue dikontek untuk dinner di hotel Le Meredien. Yaudah gue dengan modol sotoy khas gue setiap kali jalan2, gue naik bus dari Zhongshanlu sama kalo gak salah namanya Nanshan. Sampe sana tanya orang ternyata masih harus ganti bus. Okelah saya ganti dan pass banget berhenti di depannya Le Meredien. Yaudah gue masuk ke sana, jalannya menanjak dan lho... koq?? NANJAK TERUS??? ternyata saudara2 Le Meredien itu hotelnya literally ada di atas gunung dan gue manjat dari bawah panas2 sambil bawa kresek belanjaan dari Zhongshanlu. Tapi saya masih ga kapok sotoy koq.
Lalu ternyata hari itu emang hokinya gue makan oyster karena itu (hotel) buffet dinner yang gw rasa themenya itu seafood. yah meski ada seafood berlimpah cuma gw ga gitu makan. gw malah doyan saladnya yang ada crouton dan saos2 yang bisa dimix sendiri. yihaa... abis itu biasalah merambah dessert dan es krim haagen dazs.
lalu perjalanan pulang, gue di taksi ngeliat Xiamen yang beda banget dari ingetan gue dulu. Xiamen sekarang banyak international brands macam CK, guess, Starbucks, etc etc ada semua di sana. Gue juga suka Xiamen jalanannya luas, bersih, dan orang2nya yang nyantai pol. Jauh banget sifatnya sama supir taksi Beijing... ehehe... naik taksi di sana juga murah lho... dari bandara ke hotel aja cuma 20 kuai lebih!
Lalu abis itu pada ngumpul di kamar untuk siap2 ancang2 buat besok kira2 mau ngomongin apa aja. Oh iya, anak2nya yang dateng adalah perwakilan (semuanya ketua) dari organisasi2 mahasiswa Indonesia di China dan semuanya cowo! mereka ada yang dari: beijing, nanjing, guangzhou, guilin, nanning, kunming, suzhou, dan tuan rumah Xiamen. Trus gue juga kenalan sama 1 cewe anak Xiamen namanya Iin yang so sweet dan ramah dan welcome banget sama kita... :)

bersambung...

1 comments:

bahtiar@gmail.com said...

yth. ibu/sdri. cindy

tanggal 11-11-12
saya akan ke xiamen

apakah boleh minta alamat emailnya ?
untuk bertanya-tanya tentang xiamen

rgd,
bahtiar@gmail.com