Ocehan-ocehan saya :)

Friday, January 4, 2013

New addiction: reading financial blogs

Oh well oh well... kenapa gak dari dulu aja?? Tapi ya bersyukur gw udah memulai daripada ngga sama sekali. Jadi beberapa bulan lalu gw seneng banget baca cosmo, wolipop, allaboutwe, dll yang isinya tentang dating and relationship. Maklum lah, dulu lagi baru mau mulai in a rel lagi setelah kosong song selama 5 tahun. Dulu aja gak ngerasa yang bermanfaat banget, apalagi sekarang? Yang namanya love itu kan tidak ada yang pasti, 沒有絕對的...

Beberapa hari ini, gw kepikiran untuk bikin personal annual budget untuk 2013, makanya gw google2... dan ketemulah salah 1 financial blog dan akhirnya merembet kemana2 melalui blogrollnya dia. Pas banget di akhir tahun, di mana orang2 review tahun 2012 dan buat planning untuk tahun 2013. Lalu gw sadar, cara mereka gak gitu applicable buat gw karena:
1) gw belom punya penghasilan tetap untuk 2013
2) gw masih tinggal sama ortu yang hampir semua daily expensesnya dicover mereka (groceries, meals, etc...)

Tapi overall, sangat menyenangkan dan inspiring baca cerita2 dari mereka, how they get out of debt and saving for the future. Banyak orang yang presumably seumur gw dan mereka punya utang yang sangat besar, entah itu untuk college atau credit card. Rupanya itu sangat umum ya... gw kira punya utang itu sebuah disaster yang mencekik gw... hehehe... Yang paling inspiring adalah, mereka berhasil keluar dari utang itu.

Gw sendiri juga punya utang. Apalagi kalo bukan si yaris tercinta. Waktu gw beli mobil itu mid 2012 (lebih tepatnya, direstui bokap untuk beli mobil, dengan sokongan dana dari beliau juga...), kita ambil yang cicilan 2 tahun... jadi saat itu gw kosongin tabungan gw selama 1 tahun kerja di beijing (hiks) dan setiap bulannya gw berkontribusi bayar cicilan (gak semuanya tapi)... gw rasanya udah keluar duit banyak bener tapi masih ada 1,5 tahun lagi... HWAAA...

Beginilah tinggal di Jakarta, beli mobil buat pergi kerja, kerja untuk bayar cicilan mobil. It's a vicious cycle... Waktu kemaren resign dari kerja, hal pertama yang gw pikirkan adalah: how am I going to pay for my car loan next month??? Tapi, Tuhan baik... Dia pasti kasih cara untuk bayar. Dan bonyok gw juga udah bilang, nanti tunggu udah stable lagi, baru mikirin aja... Hiks... Baik sekali... Tapi salah satu resolusi gw 2013 adalah gak bolong sekalipun bayar cicilan mobil, dan gw yakin akan bisa mencapainya.

Lalu gw juga punya resolusi finansial sendiri... Yaitu, by 31 Dec 2013, gw punya X amount of savings. Gak banyak sih, cuma ya gak mudah juga untuk nyampe ke sana. Kemaren pas NYE party, salah 1 temen baik gw bilang, goal dia tahun 2013 adalah mulai nyicil tempat tinggal sendiri. Hwaa.. itu juga salah satu yang gw pinginin.... tapi, gw masih tahu diri... Gw cuma bisa browse2 web properti dan liat2 iklan di koran dan majalah, untuk tahu harga market... Gw sih sempet bilang bbrp bulan lalu, kalo right after si yaris lunas, gw mo mulai nyicil rumah or apartemen. Tapi huff ya gila juga ya... hahaha... rasanya bagai dicekik... Kalo soal ini, pelan2 dipikirin deh...

Jiayou! Mari berhemat dan menabung!!!

Cindy

0 comments: