Ocehan-ocehan saya :)

Friday, January 11, 2013

Good with Kids :3

Selalu ada banyak cara untuk melihat suatu hal, kali ini, gw mo melihat urusan ini dengan kacamata positif. So gw resign dari Tzu Chi last Dec. Last working day in 2012 juga merupakan last day gw di sana. Ketika gw pamitan sama temen2 kantor, pada nanya: "udah dapet yang baru?" gw bilang: "belom..." beberapa ada yang bilang, "lho kenapa? dapet dulu dong yg baru baru quit." atau ada juga yg bilang, "ya gapapa deh, istirahat dulu..."

Sebenernya saat itu gw bilang belom, gw gak sepenuhnya jujur (sorry guys). Cuma karena status pekerjaan baru gw itu baru probation 1 bulan dan sesudah itu gak tau bakal lanjut lama atau gak. Pekerjaan baru gw adalah: guru preschool sodara-sodara!!! Sebenernya gw emang niat ngajar Mandarin, gw ada apply ke beberapa sekolah, tapi ini yang diterima, dan gw coba aja.

Rupanya gw diterima, tapi sebagai guru inggris. Gw inget pas dikabarin gw diterima, itu hari terakhir mereka sekolah so gw harus kasih jawaban dalam waktu beberapa jam. Setelah beberapa kali diskusi dan negosiasi, akhirnya agree. Untungnya sekolah loh ya, jadi gw bisa istirahat dulu bentar ya between 29 Dec 2012 - 6 Jan 2013. Tanggal 7 masuk, langsung mulai ngajar gak pakai training dulu. How was it? Tentu saja gw kewalahannnn!!!! Apalagi gw ga ada pengalaman ngajar sama sekali... handle kids aja jarang2.

Gw megang 1 kelas, isinya 10 anak yang kira2 umurnya 2-3 tahun (!). Ada yang masih dijagain susternya, ada yang masih suka ngompol, ada yang belom bisa ngomong, dll... Kesannya sih yang paling berasa banget itu: BADAN GW MO REMUK. Lari sana sini... kadang2 harus gendong anak, trus karena mereka main di lantai, gw harus membungkuk, jongkok, duduk di lantai... kadang2 gw udah ngejegrok aja di pojok sambil pasrah liat anak2 berlarian. Setiap hari meski cuma 3 jem doang, tetep aja rasanya kayak abis olahraga (plus sakit kepala).

Tapi tetep aja ada sukanya. Mereka udah lumayan bisa berkomunikasi dan lumayan cepet menerima gw. Di hari ke2, gw udah berhasil menghafal nama semua anak (sangat ajaib buat gw yang ga gampang hafalin nama orang). Mereka kalo diajak shake hand udah mau. Gw panggil nama mereka udah nengok. Mereka kalo gw gendong2 ga nolak... Dan yang paling cute adalah, mereka kalo mo pulang pasti hug gw dulu. Awww... Yang mengharukan lagi adalah kadang2 gw lagi perhatiin anak lain, mereka bisa teriak, "MISS! SHAKE HAND!" Awww... priceless.

Trus ya karena gw responsible sama safety dan kondisi kelas, gw jadi ya bersedia melakukan hal2 yang gw ga sangka gw bersedia lakukan. Misalnya, bersihin muntahan anak... Coordinator gw ada bilang kalo anak2 liat anak lain muntah, mreka juga bisa ikutan muntah, jadi muntah berjamaah deh. Gw inget waktu kecil gw juga gitu, jijikan liat muntah orang... dan sialnya kebawa sampe sekarang bo. Gw juga mau muntah liat anak kecil muntah... tapi untung gw tahan diri dan gak panic. Yeyyyy *bangga*

Hal lain adalah beresin makanan yang berceceran. Gw sejak masuk Tzu Chi itu super tobat, ga mau lagi buang makanan... Sekarang kalo gak terpaksa banget, gw gak akan sisain atau buang makanan. Nah, anak2 itu makan masih berantakan, berceceran kemana2 dan suka minta tambah tapi ujung2nya gak abis. Ya gw tentu ga bisa minta mreka untuk abisin dan makan yang rapi secara baru umur brapa gitu loh. Tapi gw yakin, mereka bisa dilatih. Gw udah melatih beberapa anak (baru berhasil 1 so far) untuk bantu gw lap meja abis makan pake tissue basah. Jurusnya gini, "Who wants to help miss Cindy to wipe the table?" Trus kalo ada yang mau gw bilang, "Thank you _____ (child's name)! Later at home you help mommy wipe the table juga ya..." (pake gaya ngomong anak kecil dan campur Indo dikit karena lebih persuasive... hehe). Gw bahkan terharu banget ada yang bantu pindahin botol minum temennya. Sekarang rata2 mereka udah mau kalo gw suruh bantu pindahin kursi sendiri. Hehehe... Senang dan bangga :3

Lalu tadi gw dipanggil menghadap kepsek dan 2 orang atasan lainnya. Mereka menganggap gw ada potensi untuk bisa jadi guru yang baik bagi anak2. Gw cukup seneng dengernya. Mereka yakinkan gw jangan ngrasa down kalau banyak "accident" di kelas macam anak muntah, anak kebentur, anak nangis dll... itu semua proses pembelajaran bagi si anak dan si guru. Oke deh...

Meski baruuuuu banget, tapi gw cukup seneng dan bangga kalau gw termasuk "a kid person". Kata someone sih ada "sifat keibuan". Hahaha... Nambah 1 quality deh di CV mencari mertua (bukan mencari pasangan hidup).

Exhaustedddd... dan udah seminggu ini gak ketemu pacar... I miss youuu :( Besok kita ketemu ya.. Thank God it's weekend.

Miss Cindy :3

3 comments:

Aina said...

wuiiihhh...Miss Cindy..

good luck ya buat kerjaan barunya.

klo gue denger dari temen gue yg guru anak TK, nanti pas kenaikan kelas, emosional banget loohh.. apalagi klo ada anak favorit di kelas..

Cindy said...

thank you Ainaaa.... iya gw pelan2 udah mulai sayang sama anak2.....

Grace Herman said...

Cinnn, update terus aktivitas ngajar di preschoolnya yahh. Heheh, sapa tau ada inspirasi untuk ngajarin anak2 di rumah ntar.

BTw, emang beneeer handle anak2 kecil itu susah bin capek! Ini anak gue baru 3, apalagi kalo 10 yah. Hehehe. Tapi kalo ngeliat anak2 happy, jadinya rasa capek itu ilang begitu aja. :D