Ocehan-ocehan saya :)

Monday, December 24, 2012

Christmas 2012

Christmas tahun ini tentu saja beda dengan Christmas2 sebelumnya. 2006-2011, selama 6 tahun berturut2, gw merayakannya di Beijing. Sebelum 2006, seinget gw juga gw ga pernah natalan di jakarta. so maybe ada kali 10 tahun gw ga natalan di jakarta.

Christmas di Beijing itu sungguh istimewa... Where do I start? Suasananya berasa banget... meski kata orang natal itu identik dengan keluarga, tapi gw malah sangat merasakan natal ketika gw jauh dari keluarga. First of all karena emang keluarga gak gimana2 amat ngerayain natal... trus kedua di beijing, kita berasa kompaknya karena kita dan temen2 sibuk nyiapin misa dan perayaan natal. berasa xinku-nya dan seru2nya... lalu yang terakhir of course, cuaca dingin dan salju yang sangat mendukung.. ditambah beijing yang semakin tahun semakin gemerlap dengan hiasan natal dimana2.

Tahun ini, ketika orang2 sudah mulai heboh soal natal sejak end of november, gw baru bener2 ngerasa natalan itu pas misa malam natal, tanggal 24 des. misa mulai jam 18 tapi gw udah standby di gereja jam 17. itu aja udah penuh banget. kita duduk sempit2an, tapi untuk masih bisa di dalem gereja. lalu choirnya nyanyiin maklumat natal, dan lagu2 natal yang gw nyanyiin waktu di beijing dulu. i tried to sing the alto part, tapi udah ga bisa... hehe... trus ya gw berusaha khusuk meski sangat2 ramai dan suasananya ga gitu "dapet".

Pastornya khotbahnya lucu banget, meski ga gitu berhubungan dengan natal. lalu yang istimewa adalah, ketika habis pengumuman, pastor paroki kita bilang kalau pak walikota mau dateng. eh bener aja beliau dateng bersama kapolres dan danrem dan pejabat2 lainnya serta perwakilan dari ormas2 agama. saat speech, pak walkot menyapa kita dengan "shalom" dan "asalamualaikum". sungguh menyejukkan di tengah isu bahwa umat muslim gak boleh ngucapin selamat natal. semua orang begitu bersukacita disapa langsung oleh pejabat. bukti bahwa mereka betul2 care. lalu pak walkot juga berpesan (katanya titipan pesan dari pak gubernur) kalo kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak buang sampah sembarangan karena lagi musim hujan, takut banjir katanya.... lalu pak walkot kasih pastor uang 22 juta yang gak tau buat apaan... pastor paroki langsung tersenyum lebar dan pastor yang mimpin misa abis itu ngejoke bilang: wah pas new years eve kita gak usah bawa makanan sendiri2 (potluck) nih... hehe... lalu masih dengan suasana yang penuh kegembiraan, pastor ajak kita semua nyanyi "we wish you a merry christmas".

saat misa, gw berdoa... memanjatkan beberapa christmas wishes... salah satunya adalah, gw berdoa kalau next year gw bisa misa natal bareng si sx... sepulangnya dari misa, gw menyampaikan wish gw ini ke dia. not sure bagaimana dia respon tentang ini... dia gak nampak excited, malah terkesan sedikit enggan.. waktu gw tanya bagaimana perasaan dia, dia bilang: "ya gw pengen juga sih, tapi gw ga tau gimana cara ngikutinnya..." dan dia coba "menawar" dengan ikut jalan2 aja boleh ga... ya gw bilang: ini bukan paksaan, ini cuma wish gw.

sejujurnya, respon dia sama sekali bukan yang gw harapkan. sedikit kecewa, tapi gw berusaha untuk stay positive dan percaya sama Tuhan kalo gak ada yang mustahil di dunia ini. yang gw perlu lakukan adalah tetap bersabar dan tetap berusaha dan yakin.

Merry Christmas semuanya.... Damai di bumi, damai di surga.

XOXO

Cindy  

0 comments: