Ocehan-ocehan saya :)

Friday, July 31, 2009

Jadi backpacker/first class traveller?

Gue ga pernah jadi dua-duanya... Well pernah sih semi-semi backpacker gitu, except that time there was no any backpacks. Hahaha, yang ada tas kain Abercrombie (palsu) warna kuning dan 1 tas koper lesportsac kecil (palsu juga). Dan waktu itu kita bikin reservasi hotel (padahal backpacker mestinya no reservations?) dan nginep di hotel rada lumayan (kita udah pilih yang termurah, but it turned out to be 3-star, not my fault kan?). But waktu itu lumayan adventurous banget karna lari-lari ngejar bus dan dipanggang di bawah matahari musim panas bawa-bawa koper yang lumayan berat.

Nah gue selalu seneng liat backpacker2 gitu. Gue admire mereka karena udah pernah ke banyak tempat dan biasanya tempat-tempat yang ga lazim. Gue ada 1 temen cewek yang hobinya jalan-jalan, dan waktu gue tanya dia udah pernah ke Chengdu belom, dia bilang: "pernah, tapi gue ngga suka karna tempatnya terlalu maju". Doeng...

Gue pengen bisa hidup susah gitu. Tapi koq keliatannya susah banget ya? Waktu gue liat di Travel and Living channel aja, gue sampe berjengit liat salah satu WC penginapan di Guangxi (or was it Yunnan?). Sanggupkah gue naik kereta 40 jem, dikepit orang-orang yang (maaf) bau, dan uncivilized? Sanggupkah gue makan tumis kol setiap hari? (I've tried it, tapi ga lebih dari 1 minggu yang jelas). Waktu SMA gue live in ke Jogja aja gue sampe sakit lumayan parah karena (now I tell you the secret) gue ga boker berhari-hari karena klosetnya jongkok punya. Seumur idup belum pernah gue eek jongkok. >___<

Tapi kalo ngga gitu, gue mungkin ga bisa melihat pemandangan alam yang paling cantik di dunia ini! Apa itu harga yang harus dibayar? Gue kepengen banget coba. Dan setelah gue pikir-pikir, duit yang gue dapet selama ini, mau gue simpen buat suatu hari dipakai traveling aja. Kayak yg di film UP tuh. Hehehe... And kalo boleh pilih, gue pengen keliling Europe and Latin America. Tapi sebelum itu, pengen jelajah Indonesia dan China dulu. Dua tempat di mana gue 'dibesarkan'. Dua-duanya indah dan besar. Kalo di Indo gue pengen sekali lagi ke P. Samosir, ke Bunaken, Lombok, Bali, dan Papua. Kalo soal nabung untuk apartemen dan mobil, gue ga mau terlalu pusing. Gue yakin gue ga mungkin hidup terlantar di jalanan... :D

Nah, lain lagi ceritanya kalau jadi first class traveller...

Bayangkan kalo loe mau travelling, loe tinggal angkat telpon dan suruh sekretarisloe yang bikin rencana perjalanan dan segala reservasi. Trus pembayaran? Tinggal gesek pake kartu ajaibloe. Ke bandara, dijemput supir. Naik first class penerbangan terbaik, lalu sampai tempat tujuan, dijemput sama butler. Wiuh... Trus loe boleh perintah itu butler ngapain aja! Keren kan? Gue pernah liat si Samantha Brown minta sepatu hitam dan datanglah si butler dengan setumpuk kotak sepatu. Trus di hotel loe bisa pake semua fasilitas mulai dari spa sampe salon dan laundry-nya.

Trus dining-nya, tentu saja di tempat yang terbaik. Beberapa tahun lalu, ketika Sushi Tei baru ada di Plaza Indonesia saja. (saat itu Sushi Tei termasuk tempat makan yang keren). Gue dan cc gue duduk di bar-nya, dan di sebelah kita ada oom bule setengah baya, pesen banyak banget dan bergantian. Dia pesen sup lobster, disruput doank kuahnya, trus diangkat mangkoknya. Udah gitu pake dessert dan minuman yang oke punya. Begitu bill, we couldn't help peeking. Dan bill-nya hampir 1 juta! Padahal itu sudah bertahun-tahun yang lalu dan dia sendirian! Yang gue admire bukan dia bisa makan enak sebanyak itu, tapi keleluasaan dia gesek kartu itu.

Mo yang mana? Dua-duanya mau! Ketika gue masih muda, gue pengen backpacking. Dan ketika gue udah tua, gue masih pengen travelling tapi yang rada berkelas dikit. Sekali lagi pertanyaan gue: how to become filthy rich?

2 comments:

Aina said...

SUMPE LOE CIN SEUMUR2 LOM PERNAH EEK JONGKOK??

eek lebih enak jongkok, cin..lebih uenak plongnya..hahahhaha..

kadang gue biar ada wc duduk, gue malah jongkok lohh..

logically thinking, wc jongkok brarti loe ga share tempat duduk sama pant*t nya orang laen..
that's why kenapa kadang2 orang klo pake wc duduk, dilapisin pake tissue dulu..

LOH, ini kenapa jadi ngomongin wc??

akuu ga mau jadi real backpacker
ga mau juga terlalu first class..

aku mau yg tengah2 aja

jalan2 santai, murah meriah, menyenangkan, not very touristy, tapi ga mau repot bawa2 backpack kemana2...

to become filthy rich...?? hmm...some people say you have to be filthy..literally.. =P

.cindy. said...

woiiii!! statement gue udah secara hati2 disampaikan secara sambil lalu tapi ternyata beneran ke-ekspos juga... hahaha... ya begitulah.. hmmm memang cara orang menunaikan panggilan alam2 berbeda sesuai kebiasaannya... haha i know this is a bad habit, tapi mo digimanain lagi... hihihi...