Ocehan-ocehan saya :)

Wednesday, February 25, 2009

Miss Jinjing Book Review

Udah lama banget gue ga beli novel, apalagi novel Indonesia. Trus suatu hari saat gue dan teman2 pergi ke Gramedia MKG, gue melihat buku yang disusun rapih dengan cover dan judul yang menarik. 'Miss Jinjing - Belanja Sampai Mati' judulnya. Ketika gue baca sinopsis di cover belakangnya, gue kira ini hanyalah sebuah novel tembakan Shopaholic series. Gue melihat sambil lalu aja dan keluar dari Gramed dengan tangan kosong. Tapi hati gue rada gimanaaa gitu... Ada sedikit minat untuk membaca novel ini. Salah satu temen gue beli tapi gue ga berniat pinjem dia soalnya I want to give the author a chance... Kalau pinjem, ga dapet royalti donkkk pengarangnya..

Tapi sebelum beli ini buku, gue cek dulu blognya yang katanya adalah 'sumber' dari buku ini. Setelah baca... Ngiler deh gue... Jadi konon sang pengarang (Amelia Masniari) adalah seorang personal fashion buyer (everybody's dream job) yang kerjaannya menservis ibu-ibu pejabat yang duitnya ngga berseri. Ga cuma servis orkay2 aja, tapi dia juga suka temenin pengusaha butik mangdu yang lagi buying trip ke Guangzhou.

Lalu daripada penasaran, gue beli deh ini buku, harganya ga murah juga... Rp. 37.500. Gue butuh waktu maksimal dua jam untuk membaca habis buku ini. Ternyata, ini bukan novel... Melainkan non-fiksi yang menceritakan pengalaman dia sebagai seorang buyer, shopaholic, dan juga cerita tentang keluarga dan kebiasaan2 dia (yang bagi gue rada OOT dan ngga penting untuk dipublish). Buku ini membuka mata gue akan high fashion yang kelasnya udah Milan, New York, Paris, etc... Sampai ke pasar asesoris Yi De Lu di Guangzhou dan juga tempat berlian selundupan yang harganya 'ememan'!!! Pengalaman yang super menarik dan gue jujur jealous abis liat orang bisa semakin shopping semakin kaya... Dan yang bikin gue amaze banget.. si Amy ini tuh GA PUNYA KARTU KREDIT!!! Gimana yah caranya dia bisa beli tas Hermes yang harganya 5 digit USD pake uang kontan?!?!?!?! (okay she didnt say she paid cash, but she didnt have credit card! abis pake apa donk? daun???)

Overall, buku ini menghibur sekaligus mengedukasi saya, sekaligus membuat saya sirik mampus!!! Ga heran kalau dia jadi best seller dan gue jadi rajin ngecek blog dia setiap hari. Gue jadi terinspirasi untuk bisnis di dunia fashion, cuma ga berani deh secara prakteknya jauh banget dari yang dibayangkan. Tapi teteeeeeeuuuuuppp... Satu kekurangan dia: banyak typo dan grammar error. EUGH EUGH EUGH!!! BIG BIG turnoff buat gue. Katanya si Amy ini bahasa Jermannya lancar dan bisa bahasa Perancis.. Tapi spelling bahasa Inggris dan Indonesianya suka ngaco. Kritik juga nich buat editornya Gagas Media... Jangan marah ya dikritik gini... Jadi kalau suatu saat mbak Amy nulis buku lagi, lebih diperhatikan tuch detailnya biar lebih terlihat profesional... (abis mbak Amy ini galak banget keliatannya... jangan marah ya dikritik.. sumpah I Love You!!!). Trus jujur gue juga ga suka sama subjudulnya belanja sampai 'mati'. Duh... bilang kek belanja sampe klenger, sampe bangkrut... kenapa harus pake kata MATI? terdengar kasar dan takut pamali nich. Again, tolong jangan marah yah dikritik... Kalau marah, lempar aja saya pake tas Gucci. Ga nolak deh kalo gitu.

Stars: 3 out of 5. Rp. 37.500 untuk buku ini kemahalan sich menurut gue. Apalagi kalau duit ini masuknya ke orang yang udah punya Armani jeans dan sepatu Gucci, hehe... Beli aja kalau kamu bener2 shopaholic atau punya butik karena pelajaran dari buku ini pasti kepake banget. Buat saya yang biasa-biasa aja, buku ini cuma sebagai hiburan belaka koq. Hehe... Baca juga blognya belanja-sampai-mati.blogspot.com ada beberapa entry yang dimuat di buku sama persis!!!

xoxo

~Cindy~

0 comments: