Ocehan-ocehan saya :)

Monday, February 23, 2009

Jadi penulis?

Setelah hidup lumayan lama, akhirnya gue sadar kalau hobi gue yang sesungguhnya adalah menulis. Tapi mo dibilang hobi banget juga ngga.. karena kalo gue nganggur dan ga ngapa2in, terlebih kalo lagi ga ada ide, gue ga nulis. Mungkin menulis adalah sesuatu yang gue enjoy, itulah kata2 yang tepat...

Setelah berangkat ke Beijing, 'hobi' gue ini ditemukan sama Mr. Hadi Wijaya dan gue direkrut masuk menjadi crewnya Tabloid Cabe Rawit dan sekarang mayoritas artikel dalam 1 edisi ditulis sama gue sendiri... Artikel yang gue tulis bisa apa aja... Traveling, Dining, Movie/Album Review, Chinese Culture, etc... Trus di univ juga dilatih untuk menulis berita media cetak maupun elektronik. Ada juga pelajaran writing yang disuruh tulis thank you notes. hehe... Kalo menulis dalam bahasa Inggris sich, pernah juga nulis profile orang (orangnya sich ga abal2) di majalah Bilingual (Chi-Eng) yang abal2 dan dapet honor yang ga tau akhirnya gue spend di mana.. hehe..

Trus selama liburan di Indo kali ini (Jan-Feb 2009), masa-masa jayanya Facebook di Indonesia, gue jadi sering nulis notes yang model fwdan kayak Friendster punya sampe tulisan murni pikiran gue sendiri kayak blog gitu... Notes di FB meskipun ga banyak bisa dimacem2in, tapi bisa dibaca banyak orang dan orang cenderung lebih bersedia komen di sana. Gue ga pernah punya blog yang tetap... Dulu sempet punya di FS, cuma ga dilanjutin karna blog FS diblog di China. Tapi waktu lumayan aktif disana, blog gue ada 1-2 orang yang komen (yang baca dan ga komen ga tau berapa) dan gue lumayan ada yang muji (hehe). Di FB juga ada orang yang gue ga sangka bakal baca tnyt baca juga n kasih komen.. wah gue seneng bangettt.. narsis dikit boleh nih yah... gue jadi ada something yg gue bisa banggakan dan PDkan. Gue juga sempet kontribusi di KoKi, 1 cabangnya kompas.com dimana orang bisa nulis ttg apapun. Kalo ga salah gue tulisan gue sempet dimuat 3x dan responnya lumayan2. Kalo di TCR sich jarang ada yang komen (mungkin karna jarang ada yang baca -_-'') tapi Bpk Gandhi ketua PERMIT pernah bilang tulisan gue bagus. Haha makasi ye bos... Trus pernah 1x gue ngereview 1 rumah makan kecil milik temennya temen gue (yang notabene kalo kga gue muat org2 kga bakal tau tu tempat, secara tu tempat adanya di dalem gang sepi dan bukan tempat main org2 indo di beijing), ga lama setelah itu ada 2 rombongan orang indo makan disitu sambil bawa2 TCR. seneng banget deh. Orang2 ternyata mau coba yang direview di Cabe.. lain kali gue minta bayaran ah ke resto yg gue review. hahaha. Tapi asli... gue ga merasa penting banget di TCR. The one who keeps TCR running isnt me, but yang cari iklan dan yang ngelayout dan pembaca kita yang masih support n setia nungguin cabe baru. muah muah...

Dannnn.. kalau kamu adalah pembaca setia tulisan2 saya (hoek berasa kyk apaan aja gue), kalian pasti tau kalau saya hanya menulis non-fiksi. Mungkin ini semua adalah akibat dari training yang gue dapat di univ. Padahal waktu gue SMP SMA imajinasi gue ini gila (dan cupu) banget loh! Gue inget pernah buat fanfiction yang peran utamanya Jay Chou yang gue sendiri udah lupa ceritanya dan lupa tulisnya dimana... Ga penting itunya, yang penting adalah fakta dimana gue ternyata udah suka menulis sejak SMP. Gue inget waktu itu gue sempet punya impian menjadi JK Rowling atau Cecelia Ahern. Daaaaaaannnn setelah gue melupakan mimpi itu, gue tiba2 punya sebersit keinginan untuk menulis macam itu (fiksi) lagi nich. :S Abisnya gue liat cerpen di majalah remaja (haha), novel teenlit lokal, film lokal, ceritanya begono2 ajah... Seolah pas gue lihat/baca, gue mikir 'gue juga bisa kalo nulis kayak gini!' (padahal lom tentu), abisnya endingnya ketebak banget seh. Pasti happily ever after dan sweety sweety.

Jadi inti dan maksud dari blog kali ini (setelah pendahuluan yang panjaaaaaang sekali dan kadang2 melenceng jadi curhat), gue terpikir untuk menulis sebuah fiksi lagi neh... Gila yah. Tapi gue ga bisa (I try so hard not to sound like a loser)... Abisnya kalo gue nulis sebuah kisah cinta yang lovey lovey, pasti ujung2nya gue cerita tentang pengalaman gua sendiri. haha. Gue sempet terpikir untuk menulis kisah cinta gue yang bak sinetron, tapi koq jadi jijik sendiri. Apalagi harus me-rephrase kata2nya. Hoek... jadi inget unpleasant things that happened in my life. Tapi tapi tapi... mo dapet duit dari menulis di Indo itu koq kayaknya gampang. Tinggal kirim ke majalah remaja (atau bahkan pra-remaja atau majalah bobo yang mengajarkan tentang moral), gue bisa dapet honor. Ato bahkan kalau niat, tulis novel... Sukur2 kalo ada yang suka n mau publish. Jujur aja gue sich tidak mengharapkan untuk bisa makan dari tulis menulis fiksi ini. Gue yakin gue kalo ampe jadi penulis fiksi bakalan juga jadi 'another cheesy teenlit writer' yang judul novelnya aneh dan ilustrasi covernya juga jelek. haha. But I'm no Dee or Prima Rusdi yang belibet dan puitis. Suka aja ngga.. gimana mo nulis kayak gitu. Baca 1 baris doank udah ga tahan. Ganti deh bacanya Benny dan Mice. hoho. (Prima Rusdi okelah, but no Dee... I really cant stand Rectoverso).

Gue udah ada sich ide cerita... Tentang American Dream. Terinspirasi oleh sahabat saya Gesyu dan saya sendiri dan ribuan orang lain yang punya American Dream. Cuma mo tulis apa??? Hidup di US aja lom pernah... Mo mulai darimana?

Jadi kesimpulannya, gue kesampingkan dulu mimpi (ato lebih tepat disebut ide gila) gue untuk sementara dan tetep stick to be an unpaid writer (im not complaining)... Seru juga nich nulis blog setelah sekian lama... Moga2 pas di China bisa lanjut nulis dan blogspot ga diblock lagi disana...

xoxo

~Cindy~

0 comments: