Ocehan-ocehan saya :)

Wednesday, June 2, 2010

Belajar sedikit tentang Yahudi

Bermula dari iseng2 main ke Lounge-nya kaskus, di sana banyak thread tentang Israel vs Palestina. Trus ada 1 orang (Muslim) yang bikin thread ngejelasin panjang lebar soal Yahudi, yang intinya dia sebel sama orang memojokkan Yahudi. cek dimari gan: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3738244

Trus gue sendiri, setelah retret, cukup interest sama alkitab perjanjian lama. Gue udah coba baca tapi jujur ga sanggup karena terlalu berat. Jadi intinya PL itu juga berlaku di Yahudi. Dan pasti tau kan ada 1 perintah Allah yang bilang: Jangan menyebut nama Tuhan sembarangan?

Nah jadi nama yang paling2 sakral di Yahudi itu YHWH. Tapi orang Yahudi sendiri ga mau nyebut/nulis nama ini karena takut mencemarinya. Makanya mreka kalo nyebut Tuhan-nya itu 'Elohim' ato 'Adonai'. Katanya konon kalo orang Yahudi nulis/ngetik YHWH dengan sengaja maupun tidak, pensilnya harus dipatahkan atau keyboardnya harus dibuang (?). This sounds very extreme, gue ga tau harus percaya ato nggak. Trus katanya dalam bahasa Yunani, YHWH diartikan jadi: "dalam Yunani dikenal dengan kata Tetragrammaton (τετραγράμματον) yang artinya "kata dengan empat huruf"." (langsung gw copas dari kaskus). Lah kalo begini kayak nama Voldemort donk? Jadi inget para pengikut Voldemort bilang: "jangan menyebut nama pangeran kegelapan!" Gw juga sempet pernah baca interview sama JKR tentang asal usul nama Voldemort dan larangan menyebutnya. Katanya emang banyak kelompok yang ga boleh nyebut nama dewa/tuhannya.

lanjut...

Di Alkitab PL banyak larangan-larangan yang ekstrem, misalnya makanan apa saja yang haram dan tidak. Trus larangan untuk bekerja pada hari Sabat. Dan misalnya hukuman2 ekstrem, seperti yang kalo orang berzinah harus dirajam sampai mati. Sampe sekarang masih ada Kristen yang mengikuti aturan2 pada PL, yaitu ga bole makan ini dan itu, dan ga boleh kerja pada hari Sabat (bahkan ga boleh keluar rumah).

Padahal kata Yesus, yang haram itu yang keluar dari mulut kita, bukan yang masuk ke mulut kita. Dan Yesus dan murid2nya sendiri juga bekerja pada hari Sabat. Dan dia melarang orang2 untuk merajam perempuan yang berbuat zinah. Well.. mungkin bukan melarang sehhh.. tapi dia tantangin orang2 yang mau merajam itu, kalo mereka ga pernah berbuat dosa sekalipun, silakan lempar batu yang pertama. Dan Yesus ga menghukum perempuan itu, malahan bilang: pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi!

Jadi the bottom line yang bikin beda Yahudi dan Kristen adalah: orang-orang Yahudi masih menantikan kedatangan Mesias (penyelamat), sedangkan Kristen percaya bahwa Yesus-lah Mesias. Nah ini ribet deh... gue sampe sekarang belon ngerti. Yahudi bilang Mesias itu nantinya akan bisa 'membawa pulang' semua orang Yahudi ke tanah Israel, dan menjadikan Israel pusat dunia ini. Sedangkan Yesus tidak melakukan itu, jadi mereka masih menanti-nanti deh.

Segitu dulu deh, maap kalo ada salah-salah kata. Maklum, baru belajar neh.

-Tambahan-
Ada 1 cerita lucu, waktu gue n cc gue masih kecil (gue yakin masih kecil banget soalnya TKPnya di rumah lama, which is sebelom gue kelas 3 SD), cc gue yang masih SD dapet tugas pelajaran melukis, yaitu gambar 1 bendera negara. Terus pas udah jadi, cc gue kasih liat bokap (waktu itu lagi ada gue) dan bokap gue kaget banget dan rada ngomel karena cc gue gambar bendera Israel!!! Sekarang itu gambar udah ga tau kemana. Lucu banget gue ampe masih inget gitu. Baru2 ini gue ngomong soal ini lagi n cc gue juga masih inget n we laugh about it. :P

0 comments: