Ocehan-ocehan saya :)

Saturday, November 28, 2009

Romance of Three Kingdom / Samkok

Taruhan deh, pasti sebagian besar cowo-cowo suka banget sama cerita RoTK/Samkok. Mereka menganggap cerita itu super keren dengan strategi perang, tipu-tipu dan persaudaraan antara lelaki. Gue kepengen banget deh baca, cuma mana tahan bo, baca buku setebel itu pake bahasa dewa pula. Asal tahu aja, RoTK itu ditulis pake bahasa Mandarin yang orang Cina aja belon tentu ngerti! Waktu gue pergi ke book fair tahun 2008, gue tanya ke penjualnya: “bang, ada Samkok ga”. Abangnya bilang: “mau buat yang
umur brapa?” Jeng-jenggg… yaudah gue bilang: “yaaa buat anak SD kelas 4-5 deh”. Trus si abang nyodorin bukunya dan gue sama skali ga ngerti bo isinya. Parah deh. Akhirnya gue beli yang level paling cetek yang pake ada pinyinnya segala, dan tetep aja gue ga ngerti! Hahaha… Abangnya pake bilang: “yakin neng? Ini biasanya anak SD kelas 4-5 aja udah ga mau baca ini lho”. Damn!

Anyway yaaa gitu deh… bokap gue, paman gue, mantan gue, temen2 SMA gue (cowo2) yang sama skali ga ngerti soal kebudayaan dan literatur Cina, NGERTI bok… Temen2 gue itu tau dari game ternyata. Mreka tau Caocao, Liubei, Guanyu, Wei, Shu, Wu, Zhugeliang, dsb, dst. Jauh lebih tau dari gue.

Nah sekarang pertanyaannya… Gue pake cara apa ya supaya bisa belajar tentang Samkok? Ada beberapa option dan semua ada sanggahannya:
1. nonton film > ga bakal tahan. Even itu film modern kyk red cliff gitu, nyokap gue aja ga betah nntnnya.
2. baca buku > kalo pake bahasa lain ga seru. Pake bahasa aslinya, modar
3. main game > ga sanggup dan gue despise computer game

Oh ya ngomong2 napa gue bisa tiba2 nulis Samkok? Karna gue di karoke kemaren baru nyanyi lagu judulnya Caocao, dan gue barusan stumble upon Baidu zhidao, ada pertanyaan lucu banget… jadi ceritanya orang Cina suka malu dan empet sama timnas sepak bola mereka. Karna maennya bego dan kalo kalah konon suka bikin malu. Trus ada pertanyaan gini kira2 bunyinya: “tolong donk bantuin gue dalam debat: siapa yang lebih cocok jadi pelatih timnas sepakbola Cina? Liubei atau Caocao? Sebutkan alasannya yah.” Wekekeke… dan jawabannya beragam dengan alasan masing-masing.

Yaudah segitu dulu deh. Sekarang gue mau coba baca lagi buku Samkok untuk anak TK itu. Till later.

Bonus:
Lyricnya Caocao by JJ Lin

曹操 - 林俊杰

不是英雄不读三国
若是英雄怎么能不懂寂寞
独自走下长坂坡月光太温柔
曹操不啰嗦一心要拿荆州
用阴谋阳谋明说暗夺的摸

东汉末年分三国烽火连天不休
儿女情长被乱世左右谁来煮酒
尔虞我诈是三国说不清对与错
纷纷扰扰千百年以后
一切又从头

0 comments: