Ocehan-ocehan saya :)

Saturday, November 21, 2009

Talking about Money

Intro: malibu (malem minggu kelabu) di dorm sendirian sambil minum teh sosro panas pake gula and denger Norah Jones. =)

Okay 废话少说 (straight to the point~)

Uang. Banyak menganggap hal ini tabu dibicarakan. Well bagi gue tabu juga seh, ato setidaknya menghindari topik ini sebisa mungkin... makanya cuma berani diblog... ehehe ^^

Dari kecil sampe gede boleh dibilang gue rada dimanja sama bokap nyokap gue (terutama bokap), kalau mau apa2 kebanyakan sich dikasih... waktu kecil lagi model tas apa, dibeliin... model botol minum apa, dibeliin... trus kmrn balik ini ditawarin, mau ganti blackberry ga? tapi gue ga mau hehe... bingungnya, koq skrg lagi model birkin gue ga dibeliin ya? haha...

sekarang gue yang kurang lebih me-manage uang gue sendiri. padahal menurut itung2an, mestinya cukup buat sebulan, tapi koq pernah sampe di dompet duit tinggal 10 kuai? hehehe... tapi untung skarang uda ga gitu, ditambah skrg ada pemasukan sendiri dikit2, dan kesibukan yang ada membuat gue ga ada waktu buat jalan2 dan spend money. kalopun ada kesempatan, gue terkadang mikir 'gue ga ada waktu make barang ini atau makan makanan ini', jadi hemat juga deh ^^ tapi begitu lagi kerasukan, pas belanja bisa kalap tuh, mikirnya 'I deserve this... muahahaha'

tapi perlu diketahui, kalo gue dan background gue bukan yang kelebihan uang sampe ga tau harus dikemanain lagi gitu... (gile i wish banget), i just say, i know how to enjoy my money, mo sedikit atau banyak. ada orang yang punya uang dikitttt, trus tu duit diinvest, diberanakin, tapi prosesnya lamaaaa dan selama proses itu menderitaaaa banget... begitu udah beranak duitnya, diinveeeessst meneh (- lagi) biar beranaaak lagi dan begitu seterusnya. lah kalo gitu, kapan nikmatin duitnya??? gue pikir kalo kita punya banyak uang tapi disimpen terus, sama aja boong ga sich? fungsi uang kan untuk membeli sesuatu barang... kecuali emang lagi kepengen beli 1 barang dan harus hemat dan nabung untuk itu, ya ga ada salahnya. kalo gue jarang sih menginginkan sesuatu yang gue emang belum mampu beli...

untung gue orangnya bisa cepet puas. pake barang ga usah yang asli branded ato gimana, pake handphone ga usah yang terkeren dan lain2... dan gue bersyukur kalo gue jarang menyesal setelah beli 1 barang. kalo gue suka dan kepengen 1 barang, apalagi barang itu udah di depan mata, gue jarang mikir panjang. kalo mampu, pasti akan gue beli barang itu (we're talking about barang printilan: baju, tas, asesoris... here, bukan kamera, mobil buick). kalo mikir kelamaan, malah biasanya ga jadi dan akhirnya nyesel, tapi udah ga ada kemauan beli lagi. intinya, take it or leave it. gue suka sebel sama orang yang naksir 1 barang trus nanyaaaaaaaaaa terus: aduh beli jangan ya, beli jangan ya... kalo gue jawab beli, dia akan bilang 'tapi X aku udah banyak/tapi X itu mahal', dan kalo gue bilang 'yaudah ga usah beli', dia akan bilang 'tapi aku pengeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen' hahaha... gubrak kan. dan kalo misalnya jadi dibeli, ngomong terus 'aduhhhhh koq kemahalan ya... aduh aku koq jadi belanja lagi ya.....' dan kalopun ga dibeli, ngomoooong terus 'aduuuu aku pengeeeeeeeeen... bagusss ituuuu' huaaaaa gua harus gimanaaaaaa????

mungkin mindset gue ini SALAH BESAR bagi orang2 dan gue mulai dijudge kapitalis dan konsumtif dan sebagainya. hehehe emang sich gue konsumtif dan gue belom pinter manage uang dan nabung, mudah2an someday gue bisa sampe di level itu. tapi pokoknya intinya gue sebel liat orang yang banyak duit tapi hidupnya ngiritnya kebangetan... you deserve nice meals, nice clothes, and nice cars :) duit disimpen terus bisa dimakan belatung lho... hihi

Cindy =)

0 comments: