Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, July 21, 2013

Passion

Salah satu alasan gw ga demen motivator adalah... mereka terus ngomongin hal yang sama dan melebih-lebihkannya. Salah satu topik yang paling sering dibahas adalah passion. Teruuuus meneruuuuus diulang-ulang untuk mengejar passion. Mereka terus ngomongin ini tanpa ngebahas, apa sih passion itu? 

Mungkin pertanyaan basic ini jarang dilontarkan karena beberapa orang udah tau dengan jelas apa passion mereka. Misalnya, passion mereka adalah baking atau making money from selling apartments, atau passion mereka adalah jadi motivator/public speaker. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang ga punya keahlian khusus? Gw pernah tanya pertanyaan 'apa passion lo' ke forum grup whatsapp temen-temen baik gw, dan kebanyakan dari mereka gak bisa jawab, atau jawabnya ngaco sekalian. Ada yang bilang 'gw mau ongkang-ongkang kaki trus gak usah musingin soal duit' --> ini bukan passion. Mereka bahkan ga ngerti pertanyaannya. 

Gw? Gw juga saat itu ga tau... Tapi setelah gw baca bukunya Nick Vujicic (yang sampe sekarang belom selesai...), gw tau apa artinya passion dan gw tau passion gw apa. Dia bilang kalo passion adalah sesuatu yang lo bersedia kerjain tanpa dibayar. Passion-nya Nick adalah public speaking dan memotivasi orang. Dia bilang dia dulu sering ga dibayar untuk bicara di depan khalayak. Padahal, orang mau-mau aja bayar dia mahal untuk bisa jadi pembicara. 

Melalui definisi ini, gw tau kalo passion gw adalah... menulis. Gw ga bisa bilang kalau gw jago menulis, karena gw akuin tulisan gw masih banyak perlu diperbaiki. Belum ada orang yang mau bayar gw untuk tulisan gw, jadi gw masih belum merasa tulisan gw bagus. Haha... Tapi udah ada beberapa orang yang minta gw nulis karena mereka suka tulisan gw. Ini bahan bakar yang ampuh banget buat gw. Gw seneng banget kalau ada orang yang bilang mereka enjoy tulisan gw dan menyuruh gw untuk keep writing. 

Dan, yang bikin gw yakin kalau menulis adalah passion gw adalah... meskipun ga ada yang nyuruh, meskipun ga ada yang muji, meskipun ga ada yang komen, gw tetep suka nulis. Blog ini adalah buktinya. Gw ga tau seberapa banyak yang baca blog ini, blog ini hampir ga pernah ada yang komen, tapi gw tetep update regularly. 

Andaikan penulis itu seperti pelukis. Kalo pelukis lagi gila dan galau, kira-kira apa yang akan dilakukannya? Yes. Memandang ke kanvas putih, ambil cat, dan tumpahkan semua isi hatinya ke atas kanvas itu. Dia ga peduli hasilnya mau bagus atau jelek, berbentuk atau nggak, yang penting itu udah melampiaskan perasaan di hatinya. Sama halnya dengan penulis. Blog dan buku-buku catatan gw di rumah bagaikan kanvas gw. Kalo gw lagi mumet dan suntuk, gw buka salah satu media itu (blog atau buku-buku), dan gw tulis sesuka hati gw. Gw tulis ocehan, makian, racauan, dan apapun yang menggambarkan isi hati gw (although not literally), menjadi kata-kata yang terkadang abstrak, terkadang terstruktur. 

Misalnya sekarang ini. Gw ngerasa ada sesuatu yang mengganjal di hati, dan gw kepengen banget nulis. Tapi, seperti yang pernah gw tulis sebelumnya, gw ga mau nulis sesuatu yang terlalu galau. So, gw terpikirkan 1 keyword, "passion", dan mulai menulis tentang itu. 

That's also why, writing is not my talent or my profession. Gw bukan penulis profesional. Meskipun, gw kepengen one day ada yang hire gw untuk nulis sesuatu yang gw suka, gw belom ngusahain ke sana. Dulu gw pernah kerja sebagai penulis untuk sesuatu yang gw gak demen-demen amat. Ya, gitu deh hasilnya... Gw ga begitu bangga sama tulisan-tulisan gw yang itu :) Tulisan-tulisan yang gw banggakan ada di notes FB gw. 

Still, mimpi untuk bisa nerbitin buku masih ada. Itu salah satu yang ada di bucket list gw. Tentang apakah buku gw? Kapankah bisa kelar? Nobody knows, neither do I. =)

Keep writing Cin...

C

0 comments: