Ocehan-ocehan saya :)

Tuesday, February 15, 2011

Jurus-jurus menahan tangis

Salah satu pantangan gue adalah: nangis di depan umum. Dulu nangis adalah makanan sehari2 gue sampai pada satu saat gue stop dan berubah *hampir* 180 derajat.

Tapi you know, shit happens. Kadang2 ada aja waktu yang ga tepat dan loe ngerasa down banget sampe air mata itu ga bisa dibendung. Misalnya waktu itu di kantor gue kesel banget sama 1 orang, atau waktu mau pisah sama bonyok gue di bandara, itu adalah saat2 dimana gue mempraktekkan skill gue ini: nahan air mata supaya ga tumpah.

Caranya susah-susah gampang. Kalo loe udah ngerasa sakit di hati loe (biasanya rasa sakitnya menusuk, tapi cepet banget sakitnya. 1 detik kemudian sakitnya menjalar ke seluruh pembuluh darah loe dan loe mulai merinding), badan mulai bergetar, suara loe mulai terdengar emosi dan air mata udah di ujung pelupuk, langkah pertama adalah: DIAM. diem. jangan ngomong. karena kalo lo buka mulut, pasti rahang bawah loe bergetar2 dan tangis loe pecah. Abis itu nafas yang dalammmmm.... lalu pikirkan apa akibatnya kalo orang lain melihat loe nangis: kalo di kantor, loe bakal dicap ga profesional. kalo di bandara, loe bakal bikin sedih ortu loe. kalo di tempat lain, loe bakal dicap drama queen. Abis itu langkah terakhir adalah: smile. senyum sambil buang nafas.

Works for me most of the time. Tapi ga jarang juga heart overpowers mind. Jadi tumpah juga. Biasanya kalo udah melakukan instruksi2 di atas, air matanya juga cuma setetes dua tetes. Kalo nggak, kalo emang udah pasrah... ya bisa aja nangis yang lepas sesenggukan dan termehek2 gitu. Ada juga pengecualian: kalau gue lagi praise worship kadang2 bisa bercucuran. Itu sih biasanya ga gue tahan2

Gue malahan sekarang pengen tau gimana caranya memprovokasi diri gue sendiri untuk menangis meraung2. Mungkin kadang2 perlu juga untuk melepas stress. Biar balance. Jangan keseringan ditelen terus.

0 comments: