Ocehan-ocehan saya :)

Tuesday, October 21, 2014

Review "Gerakan Senyum Massal": A Stand-up Comedy Show



Ternyata, mood seseorang sangat berpengaruh dalam seluruh pengalaman menonton stand-up comedy. Tanggal 21 Oktober 2014, hari SELASA, gw nonton show “Gerakan Senyum Massal”, sebuah stand-up show yang mempunyai tema besar kesehatan jiwa. Intinya, dengan show stand-up comedy, kita diajak untuk senyum dan ketawa untuk jiwa yang lebih sehat.

Tapi, ternyata ini adalah show yang ngasih gw perasaan kecewa setelah nontonnya. But, to be fair, faktor yang bikin gak berkesan 80% ada di gw, dan 20% mungkin ada di panitia. 

Gw bahas faktor dari panitianya dulu. 

Ini udah kali kedua Aethra membuat show seperti ini, dan ini yang pertama kali gw nonton. Sama seperti tahun lalu, line up tahun ini sangat ganas. Ada Gilang Bhaskara, Ernest Prakasa, Sammy Notaslimboy, dan Ryan Adriandhy. MC-nya? Pandji Pragiwaksono. Ada yang bilang ini The Avengers-nya stand-up comedy Indonesia. Tiket yang harganya relatif mahal gw bayar dengan penuh kerelaan karena gw yakin it’s going to be worth the price, dapet buku pula. Gw nonton yang tengah-tengah (middle class) karena ogah beli tiket paling murah yang diberi label tiket “rakyat jelata” (seriously, why?).

Lineup bertabur bintang, harga tiket yang premium, lokasi yang ciamik (Graha Bhakti Budaya TIM) membuat gw datang dengan ekspektasi tinggi. Namun, yang sangat gw sayangkan adalah, kenapa kenyamanan penonton yang udah beli tiket dan dateng dengan effort yang besar dikorbankan? Yang diprioritaskan adalah penonton di TV yang nonton sambil pake daster dan ngemilin kusuka? Untuk kepentingan ngambil gambar yang ciamik, Kompas TV pasang lampu segede-gede apaan tauk yang nyorot ke penonton. Katanya sih, tahun lalu gak kayak gitu. Gw jadi menderita banget nontonnya sambil memicing-micingkan mata kesilauan gitu, dan gw berasa suhu ruangan jadi lebih panas. Trus dugaan sotoy gw, listrik yang mereka pake itu gila-gilaan, jadi lampu di ruangannya suka kedip-kedip kayak listriknya gak kuat gitu. Hal kecil sih, but it matters. 

Okeh, faktor kedua. Faktor diri gw sendiri. Gw menyalahkan diri gw sendiri. 

Show ini kebetulan diadakan di hari Selasa, salah satu hari tersibuk gw, di mana gw biasanya baru selesai kerja jam 8 malam. Hari itu, gw rampungkan semuanya jam 6 sore, tapi gw kerja dengan terburu-buru dan gak tenang. Jam 6.30 baru jalan dari rumah dan sampai TIM udah jam 7.15, pake nyasar-nyasar pula. Gw telat 15 menit. Gw yang udah dibukingin tempat sama Santi harus masuk ke tempat duduk dengan pake manjat-manjat karena kursinya mepet, gak enak pake permisi-permisi sama orang, apalagi acaranya udah mulai. Gw yang udah rapih-rapih pake manjat-manjat gak karuan, di bawah sorotan lampu terang benderang. Setelah berhasil manjat, baru tau kalau gw kenal juga orang yang duduk di sebelah gw dan dia bilang “ih gw bete tadi ada yang ngetek-ngetekin tempat buat yang telat gitu. Taunya elu!!!” Hiks, sungkan pol.

Gw salah. Gw semestinya kelarin kerjaan lebih pagi, gw mestinya bawa mobil sendiri, gw mestinya gak usah maksain duduk di situ. Lesson learned. 

Udah. Sekian bahas yang jelek-jeleknya. Sekarang bahas komikanya. 

Urutannya ya itu tadi: Gilbhas, Ernest, Sam, Ryan. Jujur gw gak begitu konsen nonton Gilbhas karena gw masih menyesuaikan diri di kondisi yang super gak nyaman buat gw itu. Gw sampe tutup muka gw pake buku, bergerak kanan kiri gak jelas. Suasana memang belum begitu panas. Gw hampir gak ketawa sama sekali. Gw cuma inget ada 1 callback soal pesawat di belakang. 

Ernest. Ini gw super-duper tegang karena gw nungguin dia ngomongin soal Beijing. Tapi ternyata enggak. Antara kentang dan lega. Beberapa bitnya udah gw baca di bukunya, dan beberapa di linimasanya. Tetep, gw belom bisa ketawa banget. 

Sammy. Nah ini baru. Ini pertama kalinya gw liat dia live, tapi kira-kira udah tau gayanya dia gimana. Gw suka dia ngutip-ngutip Alkitab macam “berbahasa roh disangka mabuk anggur” (yeah, I’m your typical Middle class-Cina-Kristen). Suka yang nyerempet-nyerempet macam “dari gw masih berbentuk sperma aja gw udah percaya Yesus”. Dan karena topik anak selalu menarik buat gw, gw suka cerita bagaimana Sam memaksa anaknya yang berumur 6 tahun untuk suka main di Dufan karena harga tiketnya mahal. Dari semuanya, gw paling ketawa sama setnya Sam. Mungkin karena saat itu gw lagi moodnya pengen marah-marah. Denger orang marah-marah, gw sedikit lebih lega.

Ryan. Ini juga pertama kalinya gw nonton dia live, tapi dengan otak yang lebih fresh karena gw gak pernah nonton dia standup sebelumnya. Yang paling akrab sama gw itu karya dia di Outwit (itu pun lebih karena Pangeran Siahaan sih (hihihihi), dan gw agak sebel koq mereka keluarin 2 kali doang trus gak ada kabarnya lagi. Anyway…). Dan ternyata, nonton dia standup itu ya 11-12 sama nonton video Outwit. Gak bikin ngakak, tapi mind blowing dan bikin dalem ati ngerasa “anjir, keren”. Gw suka bagian revolving door di salah satu mall di Jaksel, tepatnya di daerah Gandaria. Kertas-kertas dia yang di akhir itu cerdas, mungkin terlalu cerdas. Malam itu gw gak siap untuk karya sekeren itu. Coba kalau dituangkan dalam video Outwit, pasti lebih bisa gw nikmati (dengan porsi Pangeran dibanyakan plis). Gw yakin awalnya banyak yang bingung soal bagian “Yes, No, dan ???”. Ryan ngejelasinnya buru-buru juga.

Terakhir, gw somehow tau kalau Pandji harus buru-buru ke airport abis itu. Gw tau sih gak ada hubungannya sama gw. Mau Pandji ketinggalan pesawat pun, gak ngaruh ke gw. Tapiiii… Gw yang terlalu melankolis ini ngerasa ikut cemas dan panik, kayak pengen acaranya cepet-cepet selesai biar Pandji bisa cepetan ke bandara, biar gw bisa kabur dari tempat menyilaukan itu. Belakangan juga baru tau kalau Ernest pun harus buru-buru. Fuhhh… Pas selesai, rasanya gw lega banget. Gw liat banyak yang ngarep nunggu di bawah panggung buat foto-foto bareng mereka gitu. Tapi, mereka gak bisa memenuhi harapan karena ya emang mereka udah harus cabut. 

Kayaknya, gw harus puasa nonton stand-up dulu bentar. Dua bulan terakhir ini, sejak Agustus, udah agak kebanyakan, jadi overkill sehingga urat ketawa gw udah tumpul. Gw slow down dulu deh, siap-siap buat 2015. Gw denger banyak yang spesial-spesial di tahun depan. Sabar aja dulu. :)

Viva la Komtung

CK
22.10.2014

0 comments: