Ocehan-ocehan saya :)

Thursday, May 22, 2014

Bali: Selalu Eksotis, Selalu Indah, Selalu Bikin Penasaran

Mata segar, hidung segar, telinga segar, semua segar

Jarang-jarang orang bisa liburan lama. Kali ini, gw menghabiskan waktu 9 hari di Bali. Cukup? Enggak sama sekali, karena masih banyak tempat di Bali yang belum gw kunjungi. Actually jangankan seluruh Bali, Ubud aja gw belom puas explorenya.

Bali: indah, wangi, menyenangkan
Canang, wherever in Bali

Tadinya gw mau lebih lama lagi di Bali, rencananya setidaknya 2 minggu. Tapi akhirnya di hari ke-9 gw memutuskan untuk pulang karena… gw gak enak nebeng lama-lama di rumah orang, dan nyokap kayaknya udah minta gw balik Jakarta. Ngerasa sungkan banget karena selama di sana gw bener-bener diservis habis. Dikasih nginep di villa mereka yang super nyaman (mewah sih relatif yah, tapi nyaman sih banget) dan dianter jemput ke mana-mana selama 4 hari terakhir.

Selfie selalu senantiasa
Pasar Ubud
Di Bali gw ngapain aja? Banyak sih, tapi kali ini biarkan gw membahas yang menurut gw terbaik dari yang terbaik.

1.       Pantai: Echo Beach, Canggu
Dibandingkan dengan sekitar 10 pantai lain yang gw kunjungi di Bali, Echo Beach adalah yang terbaik karena gak terlalu ramai. Gak terlalu ramai karena jalanan ke sini kecil banget sehingga bus turis mustahil masuk ke sini. Jangankan bus, naik mobil aja uda susah. Di pantai ini banyak orang yang surfing karena ombaknya bagus (katanya). Bagi yang gak surfing kayak gw, pantai ini ideal karena pasirnya halus banget dan agak sepi sehingga gw bisa foto-foto dengan leluasa. Gw sangat menikmati keheningan yang membius ketika gw meliat matahari tenggelam perlahan di barat. Hari itu gw sangat beruntung, ada pemandangan ekstra yaitu menonton doggy-doggy berlarian lucu di pantai mengejar matahari.
Overwhelmed
Dandayamana Janushirasana
Echo Beach, Canggu
Runner up: Dreamland, Padang-padang

2.       Babi Guling: Pak Dobiel, Nusa Dua
Selama 9 hari gw di Bali, gw total ENAM kali makan nasi babi guling di lima tempat yang berbeda. Gw makan di Bu Oka, Ubud, dua kali. Sebelum gw makan Bu Oka yang kedua kalinya, gw memutuskan Bu Oka yang terbaik karena tempatnya yang nyaman dan makanannya enak serta harganya reasonable. Tapi, makan kedua kalinya tuh overkill banget. So, pilihan gw jatuh pada Pak Dobiel di Nusa Dua. Pak Dobiel tempatnya kurang nyaman, tapi babi-babian dan lawarnya enak. Yang juara banget sih: sate babinya. Setiap porsi nasi babi guling pasti dapet 1 sate babi, tapi kita bisa minta ekstra dengan harga 2 ribu per tusuk. YUMMY.
Runner up: Bu Oka, Ubud
Sate Babi Pak Dobiel @ 2 ribu
Nusa Dua

3.       Mexican Food: Taco Local, Petitenget
Setelah berhari-hari hantam nasi babi dan nasi ayam khas Bali, gw minta makan makanan Mexico di Bali. Gw pergi ke tiga tempat: Taco Local di Petitenget, Taco Casa di Ubud, dan Motel Mexicola di Petitenget juga. Untuk tempat dan pilihan minuman, gw paling suka di Motel Mexicola. Tapi untuk soal rasa, yang paling juara sampai gw mencapai puncak kenikmatan makan nachos (YES! YES! YES!) adalah Taco Local di Petitenget. Nachosnya gede-gede, saos guacamole, yogurt dan kacang merahnya generous sekali. Taconya sendiri menurut gw biasa. Atau mungkin sebenarnya enak tapi ketutup sama dahsyatnya si nachos.
Runner up: Motel Mexicola
Nachos terenak di dunia, so far
Taco Local, Petitenget

4.       Ice cream: Gusto Gelato, Kerobokan
Gw hanya cobain es krim di 1 tempat ini aja sih, tapi gw sampe 2 kali ke sini. Harganya murah, cuma 20 ribu untuk 1 gelas yang boleh dicampur 2 rasa. Rasanya di sini lucu-lucu dan boleh test dulu sebelum decide untuk beli. Yang lucu banget adalah chocolate chili, pas dimakan enak manis kayak coklat, tapi pas udah ditelen, rasanya pedas… Haha. Selain itu mereka juga ada rasa sereh (lemongrass) dan kemangi. Tapi gw akhirnya milih yang aman-aman aja. Hehe… Kalo lagi beruntung, bisa dapet gelato rasa pistachio yang langka dan dapet roti homemade mereka yang harganya 6 ribu rupiah. Enak bangetttt rotinya…
Segini banyak cuma 20 ribu!
Gusto Gelato, Kerobokan.

5.       Makanan lain: Sup ikan Mak Beng, Sanur
Siap-siap “sauna” dan berjejalan dengan turis lokal di sini. Ikan gorengnya segar banget dan kuahnya juga asem-asem segar tapi sedikit amis. Ada tiga jenis ikan yang disajikan di sini, ikan A, B, dan C (okay I made that up because I asked the lady and she said fish names that I never heard before). Kita gak bisa milih mau ikan yang mana, tapi dijamin enak semua koq. Gw minum es jeruk di sini sampe 2 gelas karena panas, pedas, dan es jeruknya entah kenapa rasanya manis dan enak banget. Pelayanannya juga cepat dan gak judes. Datengnya siang yah, sorean dikit abis.
Ikan goreng Mak Beng, Sanur
dengan sambalnya yang bikin keringat ngocor

6.       Neighbourhood: Ubud
Terharu dan terkesima di ARMA, Ubud

Di hari pertama gw di Bali, gw ngetwit dan bilang gw belom fall in love sama Bali. Tapi begitu gw berkeliaran di Ubud, barulah gw merasakan rasa cinta yang sulit dijabarkan bagaimana deh. You just feel like you belong here. Selama 9 hari itu gw 2 kali ke Ubud dan gw merasa belom explore terlalu banyak. I guess butuh berhari-hari untuk bisa khatam jalan Ubud raya dan Monkey Forest situ. Gw sempat main ke ARMA (Agung Rai Museum of Arts), dan tempat ini bener-bener worth visiting banget. Di dalamnya ada taman, museum lukisan, kafe, restoran, hotel, dan dance hall. Tempat ini dimaintain bagus banget, bikin betah berlama-lama di sini. Dengan harga tiket masuk 60 ribu, kita udah dapet welcome drink dan boleh seharian di sana. Yang gw masih penasaran dan pengen banget adalah ngobok-obok yoga store dan ikutan yoga di sana.
Found a hidden gem in Ubud
Manusia, tumbuhan, hewan semuanya betah di Ubud

Yang disebutkan di atas cuma nol koma nol nol nol nol sekian dari yang bisa diexplore di Bali. Selain gw mendapat cerita dan foto-foto (dan kulit gosong sexy) di sana, gw juga dapet sesuatu yang sangat-sangat keren, yaitu: positive energy. Abis dari Bali gw happy banget, rasanya udah lama gw gak sehappy itu. 9 hari gak kena macet, gak nyetir, gak stress, gak kena polusi. 9 hari liat langit, liat sawah, liat laut, liat matahari, liat bulan, liat bintang, liat orang happy. Gimana gw gak ketularan happy coba?

Setidaknya ada cerita untuk dua tahun ke depan :)