Ocehan-ocehan saya :)

Friday, October 18, 2013

Berdamai dengan musuh terbesar

Bagi yang ngikutin blog ini dan kenal gw secara personal, mungkin tahu kalau 2013 itu bukanlah tahun yang mudah buat gw. Keterpa badai dan angin di hidup ini itu biasa, tapi di awal tahun 2013, gw kena tsunami besar-besaran dan gw hancur berantakan. Orang yang kena tsunami secara harafiah itu ada 2 kemungkinan: die or survive. I didn't die, and people say: what doesn't kill you, only makes you stronger. Dan setelah berbulan-bulan hancur, marah, putus asa, akhirnya gw mulai melihat titik terangnya, yang bisa bikin gw semakin kuat. 

Ini bukan mau ngasih motivasi atau inspirasi ke siapapun, gw cuma simply ceritain pengalaman pribadi gw aja. 

They say, only time can heal you. Itu benar. Kita gak bisa "maksain" apapun. Saat kita lagi down, orang suruh kita "cari" distraction, baik itu kerja, jalan-jalan, atau pacar baru. I tried to do that, kerja gila HANYA UNTUK distract myself, jalan-jalan HANYA UNTUK distract myself. Hasilnya? Kerjaan ga beres, jalan-jalan ga enjoy. Malah gw dicomplain sama client/temen jalan-jalan kita. 

Saran gw adalah: terima saja. Admit that you made a mistake. Larutlah di dalam penyesalan dan kesedihan kalau memang perlu. Di saat seperti ini, biasanya orang yang paling dibenci dan disalahkan bukannya orang yang telah menyakiti hati gw, bukan juga Tuhan, bukan juga teman-teman yang menghibur gw baik itu tulus maupun pura-pura. Orang yang paling gw benci adalah: diri gw sendiri. Dan ketika gw berdamai sama diri gw sendiri, gw baru bisa berdamai sama segala sesuatu yang ada di sekeliling gw. 

Meski ini adalah "between me and myself",gw bisa minta bantuan orang-orang sekitar. Gw bisa minta bantuan Tuhan secara langsung, minta bantuan "pembimbing rohani" untuk didoain dan diberi wejangan, atau minta temen-temen gw yang konyol untuk bikin gw ketawa. 

Dan ketika gw gak lagi ngerasa tertohok di hati ketika mengingat/mendengar penyebab luka hati itu, ketika gw bisa menerima kekalahan, memaafkan diri sendiri, hal-hal baik barulah bisa terjadi. Hal-hal baik itu bukannya baru terjadi, tapi sebenarnya udah ada dari sananya, tapi gwnyalah yang bisa menerima mereka kembali. Matahari masih terbit tepat waktu setiap harinya, kok. 

Saat tahun 2013 ini belum berakhir aja, gw langsung ngecap kalau tahun ini bisa jadi salah satu tahun terburuk di kehidupan gw. Tapi  hey, mungkin ini juga salah satu tahun terbaik di hidup gw. Tahun ini, gw ambill loncatan besar di karir gw. I will highlight 2013 and write down "THE YEAR I LEFT MY JOB AND BECOME FULL-TIME FREELANCER". Tahun ini pertama kalinya gw trip ke luar kota sama sahabat-sahabat gw. Tahun ini, pertama kalinya gw ngeliat Jay Chou konser di Jakarta. Tahun ini pertama kalinya gw menerjemahkan buku, dan lain-lain yang mungkin sudah terlupakan tapi meninggalkan bekas manis di hati dan benak gw. 

Apakah gw bersyukur gw kena tsunami? Jujur aja, belum bisa. Apa gw berharap tsunami itu tidak pernah terjadi sama sekali? Nggak juga. Tapi, apakah semua itu penting? Itu semua udah terjadi dan sudah berlalu, meskipun terdengar sangat klise, lebih baik gw fokus sama saat ini dan masa mendatang. Satu hal yang pasti, karena gw udah pernah kena tsunami, maka badai-badai kecil mungkin bisa dihadapi dengan lebih siap dan kuat.

Rumah gw yang hancur kena tsunami udah dibangun kembali 70%. Kalo proses renovasinya udah selesai, mungkin rumah itu bisa 2 kali lebih besar dan lebih indah daripada sebelum kena tsunami. Amin.... 

Bless you

Cindy

0 comments: