Ocehan-ocehan saya :)

Saturday, August 10, 2013

Jatim Ciamik!

Akhirnya balik lagi ke Jakarta setelah 9 hari melanglang di Jatim (Batu, Malang, Surabaya). Banyak hal menyenangkan yang terjadi di sana... Beberapa udah gw post di twitter gw... mengenai how my uncle and aunt run their shop at local market, mengenai lucunya local TV yang bernama JTV (Jatim TV), dan yang terakhir, di mana gw membuang gengsi gw dan bilang... kalau gw sebenarnya kangen Jakarta, kota yang gw benci ini.

Is it possible to hate and love something at the same time? Gw benci macet dan keruwetannya Jakarta, tetapi gw cinta rumah gw. Nginep di rumah sodara di kota sekecil Batu, namanya bukan rumah sendiri, pasti gak bisa nyaman. Kamar mandi sih ada, tapi buat mandi and "do my business" gak bakalan ada yang seenak di rumah sendiri (dan di hotel bintang 5!). Begitu sampe di rumah di Jakarta, yang gw lakukan pertama kali setelah naro koper adalah bercengkerama di kamar mandi gw. Haha...

Di Malang, gw nginep di rumah Astrid, my college roommate. Dia juga ngajak gw ke Surabaya buat ketemu temen-temen lama zaman kuliah, dan dia dengan sangat baik hati menemani gw ketemu temen-temen SBY yang dia gak kenal... Thanks ya :') Kita berdua kenal tahun 2006, saat baru pertama nyampe Beijing, kita sering main bareng, pergi traveling bareng, dan bahkan pernah tinggal sekamar selama 1 semester. Jadi, dia cukup mengenal sifat-sifat dan kebiasaan gw.

Satu hal yang membekas sampai sekarang, dia bilang kalo sekarang, gw jauh lebih sabar dibandingin dulu. Selain Astrid, ada 1 temen SBY lagi yang bilang kalo sekarang Cindy tambah kalem. Dan... ada 1 temen lagi di Beijing yang sebulan lalu ketemu bilang, sekarang Cindy lebih pendiam.

Cungguh? I guess so.

Udah ada 3 orang yang bilang gitu, dan actually gw sendiri juga menyadarinya, so... emang bener gw udah tambah sabar dan kalem kali yaaa...

Back to Jatim...

Batu
Batu sekarang udah jadi tujuan wisata, jadi udah banyak orang yang familiar sama tempat ini. Di Batu banyak theme park dan tempat rekreasi yang gw yakin pasti bagus semua. Gw gak pergi tuh ke Jatim Park ataupun BNS ataupun yang lainnya. Jatim Park 2 cuma sampe di loket depannya aja. Kenapa? Karena gw pergi sama bonyok yang nampaknya ga akan begitu enjoy kalo masuk ke dalem... Gwnya juga ga pengen-pengen amat.
Di Batu, gw banyak bantu uncle and aunt gw di pasar. Karena, hari biasa aja mereka udah sibuk, sekarang ditambah pegawai-pegawai mereka yang pulkam, jadi mereka super understaffed. Gw ga begitu bisa bantu banyak karena gw ga hafal harga-harga dan takut salah juga. Jadi gw cuma duduk manis di pojok dan jadi kasir, ngambilin kembalian.
Gw berharap ketika gw ga di pasar, gw bisa tenang di rumah dan baca buku sambil adem-ademan. Eh rupanya, rencana ini gagal total. Karena, rumah ini diapit sama beberapa masjid yang setiap hari mulai jam 3 sore udah mulai doa kenceng-kenceng sampai tarawih selesai. Apalagi pas malam takbiran... Gak bisa tidur karena loudspeaker mereka dan suara petasan-petasan. :(

Malang
Bagi orang Batu, pergi ke Malang itu dianggep ke luar kota. Emang bener sih ke luar kota. Tapi jaraknya ya paling cuma setengah jam naik mobil. Selama less than 24hrs gw di Malang, gw diajak kuliner sampai begah banget. Yang patut dicatat adalah, gw makan soto terenak seumur hidup gw di warung yang namanya Jenggot. Hoki banget karena sehari sesudah gw makan, mereka udah libur lebaran. Makanan Malang enak-enak, murah-murah. Tapi harus cepet-cepetan karena cepet banget abisnya. Di warung sate kambing tempat kita makan, mereka baru buka jam 5 sore dan kita ke sana jam 7 malem, satenya udah ampir abis. Lagi-lagi gw hoki, karena telat dateng 10 menit aja, udah ga kebagian deh tuh sate kambing.

Surabaya
Sebelum berangkat ke SBY, Astrid udah wanti-wanti kalau SBY itu panaaaas banget... Beda sama Batu dan Malang yang sejuk... Begitu sampe di sana, emang bener sih... Tapiiii, meski panas, langitnya Surabaya bener-bener biruuuuu... Awannya putiiiih... demen banget liatnya :D
Sama halnya dengan orang Jakarta, orang Surabaya amat sangat ribet kalau mau ketemuan. Haha... Mereka tinggal di daerah yang jauh-jauhan dan susah nyari tempat "tengah" buat ketemuan. Mau ketemuan di A, si X ga mau. Mau ketemuan di B, si Y yang gak mau... Alasannya jauh dan macet. Well... maaf ya teman... Tapi, jauh dan macetnya SBY gak ada apa-apanya dibanding Jakarta. Gw pernah jalan sekali dari SBY ujung ke ujung katanya, dan menurut gw itu masih sakit deket. Gw google, jaraknya cuma belasan km. Hehe...
Gw uda wanti-wanti juga sama konco-konco SBY kalo gw ga mau makan makanan mall yang di JKT juga ada. Eh tapi karena 1 hari itu gw mesti ketemuan sama 3 grup orang yang berbeda-beda, akhirnya gw seharian di Tunjungan Plaza :( Nongkrongnya di... Bakerz In... Halahhh... Tapi malem itu akhirnya kita keluar juga sih dan makan bebek goreng HT yang maknyus. Lucunya, si James bisa nyemplung ikutan main sama gw Astrid dan Bobby... Hihi.. gpp seru ada dia.

Overall... Jatim is awesome!!! Gw happy, refreshed, dan kenyang banget di sana... Semoga temen-temen Jatimku gantian main di Jakarta yaaa..

C

0 comments: