Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, April 28, 2013

Startup as a fulltime freelancer

Seperti yang udah gw bahas di post sebelumnya... Gw sibuk ini itu... Gw akhirnya tepar juga. Bukan dalam arti sampai sakit (untungnya!), tapi gw sampe tidurrrrrrrrrr lamaaa banget kayak orang pingsan... Dan bangun2 rasanya segerrrrr banget....

So minggu kemaren gw close 2 deals. 2-2nya ngerjain buku. That's huge. Biasanya gw terjemahin dokumen atau drama... sekarang gw terjemahin buku. dan ga tanggung2. langsung 4 buku, dan 1 buku akan diterbitkan dan dijual di toko buku-toko buku terdekat anda ^___^. Keluarnya kapan? Hahaha... 1 halamanpun belum gw terjemahin... jadi, akhir tahun ini bisa keluar di toko buku aja udah bagus!

Akhirnya gw mulai berhenti apply2 kerja. Ada beberapa sisa interview yang udah kadung janji, gw tetep jalanin. Rasanya selain 2 job besar ini, gw masih mau ambil 1 job ngajar lagi (di luar yang udah ada sekarang). Tujuannya untuk memperluas relasi, biar gw ga di rumah terus juga, dan tentu saja untuk sesuap nasi lagi. Hehe...

Cara lain supaya gw ga kayak robot penerjemah, adalah beli buku. Kali ini gw pilih buku Kristen yang agak "ngepop". Tujuannya adalah selain untuk relax, diingetin trus sama Tuhan, dan juga belajar terus tentang gaya orang nerjemahin.

Gw ada google tips2 untuk freelancers. Beberapa wejangan memang mengena, tapi untuk project and cashflow management, gw masih trial and error punya gw sendiri. Karena daripada ngikuti metode orang, lebih baik nyiptain metode sendiri. Ga sreg tinggal nyesuaiin.

Jadi puji Tuhan gw udah cukup occupied sampe akhir Juli nanti. Sesudah itu, baru dipikirkan nanti saja...

Gw juga ngrasa heran... Saat gw lagi khawatir ga dapet kerja atau job, gw berdoa minta dikasih job dan sekarang banyak banget yang nawarin. Super bersyukur. Ada temen yang tau2 kontek nawarin kerjaan, ada yang dulu ngajakin kerja sama trus ilang trus tau2 bilang bahannya udah siap... dll...

Yah semoga semuanya bisa beres, yang terpenting, badan sehat, hati senang!

CK

0 comments: