Ocehan-ocehan saya :)

Sunday, October 11, 2015

Review #TETANUS by Arya Novrianus



“Arya, lo bawa buku lo kan? Nanti gue beli yaaa…,” kata gue ketika menyapa Arya Novrianus di sebuah acara stand-up yang diadakan pada suatu malam minggu, di mana Arya jadi salah satu penampilnya.

“Iya bawa. Siiip deh, entar yaaa,” kurang lebih begitu jawaban Arya.

Dan ketika acara selesai, gue langsung menghampiri Arya dan memberikan sejumlah uang untuk ditukar dengan buku keduanya yang berjudul TETANUS. Arya pun langsung ngasih gue buku bercover merah marun itu yang masih rapi diplastik, tapi gue menolaknya.

“Eh, gak mau, maunya ditandatanganin dulu…,” tuntut gue.

Arya pun tersenyum, melucuti bukunya sendiri dan membuka halaman pertamanya. Ternyata di pojok kanan bawah sudah ada tanda tangan dia, tapi dia tetap menambahkan kata-kata yang… hmmm… cukup menyentuh dan menyenangkan buat gue. Memang dasar penulis ya, bisa aja gitu tulisannya… Malemnya, Arya mention gue di Twitter dan minta di-review dengan jujur. So, here it goes.

Sebagai buku yang bergenre komedi, buku ini sangat emosional. Jujur aja gue banyakan tersentuh dan nyeseknya daripada ketawanya. Gue suka bagaimana Arya menceritakan kisah bersama mantannya. Ngomong-ngomong, gue penasaran, lo minta izin sama dia gak sih nulis panjang lebar tentang dia sampe lo umbar akun twitternya gitu? Hehehe… Tapi gue yakin dia pasti spesial banget sampe lo mendedikasikan dua bab yang cukup panjang untuk dia. Deskripsi fisiknya trus situasi waktu kenalan itu jelas banget sampe gue bisa ngebayangin detil-detilnya. Kisahnya sendiri sebenernya cukup biasa yah, kayaknya rata-rata pasangan akan mengalami momen-momen itu. Bales Whatsapp lama, rasa yang mulai memudar, dll… Tapi tetep menarik untuk disimak, sih. Mungkin karena relevan dan bisa relate banget.

Trus bagian kedua yang gue suka dari buku ini adalah tentang ibunya yang udah pulang ke surga. Emosional banget sih bacanya, berasa ikutan sedih. Dan lagi-lagi, setiap adegan di 2 bab terakhir itu ditulis dengan cukup detil jadi bisa ngebayangin keadaan benerannya. Udah gitu, Arya pernah beberapa kali ngetwitpic foto mamanya, jadi bisa ngebayangin wajah orangnya juga. Ditambah lagi, kejadian ibunya meninggal itu masih baru banget, baru 1 tahun berlalu. Gue aja masih inget hari di mana ibunya Arya meninggal, meski saat itu belom kenal Arya secara langsung. Gue inget kayaknya hari itu juga atau besokannya gue langsung beli Keluarga Cemarya, buku pertamanya Arya.

Kalo dibandingin sama Keluarga Cemarya, gue jauh lebih suka Tetanus. Gue inget di Keluarga Cemarya itu banyak banget bagian HAHAHAHA ketawa-ketawanya dan menurut gue agak ganggu. Di Tetanus, hal yang menggangu itu udah nggak ada. Cerita yang detil didukung dengan layout yang bagus. Punchline-nya hurufnya digedein dan dibold jadi rasanya makin lucu. Bagian sedihnya juga nulisnya pake capslock semua jadinya hmph berasa gimanaaa gitu, ikutan sedih deh.

Overall, gue sangat menikmati buku ini, jauh dibanding bukunya yang pertama, yang berarti ini kemajuan yang sangat baik.

Terakhir, gue mau ngedoain Arya:

Semoga karir stand-up lo semakin gemilang [amin], semoga hidup lo senantiasa seru dan menarik [amin] biar banyak cerita dan bisa bikin buku ketiga [amin] yang isinya cerita yang indah-indah dan seneng-seneng [amiiiin].

Thank you and congrats, Arya Novrianus! Gue yakin, nyokap lo pasti bangga super bangga di surga sana trus bilang ke malaikat-malaikat, “Eeehhh… buku kedua anak gue udah terbit lohhh… Buku anak gueee!!!”

Cindy Kusuma
11.10.2015

0 comments: